SATUKANAL.COM
BERITA

Hari Pelantikan Pimpinan Dewan Diwarnai Demo Ribuan Massa, Begini Tanggapan Ketua DPRD

Momen pelantikan pimpinan DPRD Kota Malang definitif disambut kepungan ribuan massa aksi Front Rakyat Melawan Oligarki, Senin (23/9).

Aksi gabungan ini dari mahasiswa se-Malang Raya, sejumlah aktivis antikorupsi, dan para akademisi itu bersama menyuarakan aspirasi terkait polemik yang tengah menjadi perbincangan hangat. Beragam kebijakan pemerintah dan DPR yang dianggap kontroversial yakni mulai dari disahkannya revisi UU tentang KPK, RUU Pertahanan, RKUHP, RUU PKS, hingga tentang karhutla.

Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian DK mengatakan, adanya aksi ribuan massa tersebut memang cukup mengganggu jalannya agenda DPRD Kota Malang dalam paripurna pelantikan pimpinan definitif kali ini.

Baca Juga :  Kerjasama WCC Dian Mutiara dan Kelurahan Gadingkasri dalam Penyuluhan Penanganan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak

“Terus terang ini sangat mengganggu, terutama tamu undangan ya. Karena kalau sejumlah 45 anggota DPRD sudah berkumpul sejak pukul 08.00 pagi untuk persiapan,” ujar dia saat ditemui jelang pelantikan siang ini.

Meski begitu, pihaknya juga telah berupaya dengan melakukan koordinasi bersama pihak kepolisian. Mencoba melakukan mediasi dengan massa juga telah dilakukan. Namun memang tidak ada persetujuan dari massa aksi.

“Kami sudah berusaha akan menemui, baik kita yang turun atau mereka yang perwakilan agar aspirasinya juga segera disampaikan ke pusat. Tapi dari pihak mereka (massa) tidak mau. Mereka hanya ingin berorasi,” imbuh nya.

Baca Juga :  WCC Dian Mutiara Lakukan Penyuluhan Penanganan Permasalahan Kekerasan Perempuan dan Anak

Dengan begitu, pihak dewan juga berharap, saat jalannya agenda DPRD Kota Malang, ribuan massa tersebut diminta untuk menghentikan aksi sementara hingga acara selesai. Baru kemudian diperbolehkan melakukan aksi kembali.

“Kami sudah berunding melalui pihak kepolisian dan mereka sepakat untuk tidak aksi hingga acara paripurna selesai. Nanti setelah acara selesai, kabarnya mereka akan melanjutkan hingga sore,” pungkas nya.

Kanal Terkait