Hari Lanjut Usia Nasional, Momentum Untuk Mengapresiasi Para Lansia di Indonesia - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Hari Lanjut Usia Nasional, Momentum Untuk Mengapresiasi Para Lansia di Indonesia
Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional/Foto: Instagram @kemensosri
BERITA Kanal Artikel

Hari Lanjut Usia Nasional, Momentum Untuk Mengapresiasi Para Lansia di Indonesia

Satukanal.com, Nasional– Pernahkah mendengar tentang Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) sebelumnya? Hari yang diperingati sebagai bentuk apresiasi pada para lansia di Indonesia ini diperingati setiap tanggal 29 Mei.

Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) merupakan hari di mana negara mengapresiasi atas semangat jiwa raga serta peran penting dan strategi para lanjut usia Indonesia. Bagaimanapun juga, para lansia ini memiliki kiprah mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa.

Dilansir dari instagram resmi @kemensosri, Hari ini, Sabtu (29/05/2021) diperingati sebagai HLUN yang ke 25. Tema peringatan untuk HLUN tahun 2021 ini yakni “Lanjut Usia Bahagia Bersama Keluarga.

Tema peringatan tersebut mengandung arti, bahwasanya keluarga menjadi lembaga sosial sebagai tempat bagi setiap orang untuk tumbuh dan berkembang. Dari kenyataan itu, orang tua menjadi penjuru atau panutan bagi setiap anak atau generasi di bawahnya.

“Orang tua menjadi penjuru atau panutan bagi setiap anak atau generasi muda di bawahnya. Jadi, sudah selayaknya keberadaan para orangtua yang mungkin saat ini telah menjadi lansia diberikan apresiasi dengan sebaik mungkin di tengah keluarga,” ucap Risma.

Baca Juga :  Punya Nilai Jual Tinggi, 5 Tanaman Hidroponik Ini Terbaik di Golongannya

Dalam paparannya, Tri Rismaharini selaku Menteri Sosial (Mensos) mengajak para generasi penerus untuk tetap memperhatikan, menghormati para lansia, orang tua atau pendahulu. “Sebab mereka telah bekerja keras sehingga kita bisa hidup seperti sekarang ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Risma menyampaikan bahwa peringatan HLUN digelar dalam suasana pandemi Covid-19, namun diharapkan tetap bisa dirayakan dengan rasa bahagia dan sehat bersama keluarga tercinta.

Menurutnya, Kemensos juga terus meningkatkan layanan melalui balai layanan yang multifungsi termasuk bagi para lansia di seluruh Indoneisa. “Melalui layanan balai multifungsi, kami bisa menyiapkan tempat dan ruang bagi lansia yang tinggal sebatang kara,” terangnya.

Dengan begitu, para lansia dapat tinggal di balai serta bisa terlindungi dan mendapatkan pelayanan berkelanjutan langsung dari negara. “Saat ini, kami tengah mencoba balai dengan layanan yang multifungsi di seluruh balai milik Kemneterian Sosila di seluruh Indonesia,” kata Risma.

Baca Juga :  Sukses Finish ke-3, Liverpool Ucapkan Terimakasih Pada Fans Indonesia

Awal Mula Peringatan HLUN

Peringatan HLUN diwalai dari sejarah di masa perjuangan kemerdekaan NKRI tahun 1945. Saat itu, tepat pada tanggal 29 Mei 145 menjadi moment dimana sidang Badan Persiapan untuk kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang dipimpin oleh Dr. KRT Radjiman Widyodiningrat digelar.

Daintara peserta atau anggota sidang yang lain, beliau merupakan sosok paling sepuh atau dituakan. Meski demikian, dengan kondisinya yang tak lagi muda, Dr. Radjiman mampu mencetuskan gagasan perlunya filosofis negara Indonesia.

Berangkat dari latar belakang itulah, Soeharto selaku Presiden ke-2 Indonesia kala itu mencetuskan adanya peringatan Hari Lanjut Usia Nasional pada 1996. Gagasan itu pertama kali direncanakan secara resmi di Kota Semarang, Jawa Tengah. Kemudian, setiap tahunnya setelah itu, di tanggal yang sama diperingati sebagai HLUN.

 

 

Penulis : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait