Hari ini, pendaftaran SNMPTN 2021 resmi dibuka. Begini Tahapannya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Hari ini, pendaftaran SNMPTN 2021 resmi dibuka. Begini Tahapannya
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Hari ini, pendaftaran SNMPTN 2021 resmi dibuka. Begini Tahapannya

SATUKANAL.com, NASIONALLTMPT resmi membuka pendaftaran SNMPTN 2021 pada Senin (15/02/2021) pukul 15.00 WIB. Hal ini disampaikan lewat Surat Edaran Tim pelaksana LTMPT Nomor: 05/SE.LTPT/2021 tentang Pembukaan Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021.

Dalam Surat Edaran tersebut disampaikan bahwa pendaftaran akan ditutup pada 24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB. Sedangkan untuk link pendaftarannya dapat dilakukan melalui portal LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id atau laman https://snmptn.ltmpt.ac.id.

Adapun persyaratan pendaftaran SNMPTN 2021 yakni pertama, sudah memiliki akun di LTMP. Kedua, akun tersebut sudah permanen. Ketiga, termasuk siswa yang telah dinyatakan eligible oleh sekolah. Terakhir, memiliki nilai yang lengkap sesuai dengan ketentuan.

Lebih lanjut, pengumuman hasil SNMPTN yakni pada 22 Maret 2021 melalui laman LTMPT di https://pengumumansnmptn.ltmpt.ac.id dan laman mirror pengumuman di beberapa PTN yang akan diinformasikan kemudian. Untuk lebih jelasnya, berikut tahap-tahap dalam melakukan pendaftaran SNMPTN 2021:

  • Login di laman LTMPT atau https://snmptn.ltmpt.ac.id dengan menggunakan alamat email dan password yang telah didaftarkan.
  • Pada halaman ‘Profil’ kemudian diisikan ‘Kelengkapan Data Orang Tua’.
  • Mengisikan pilihan prodi yang dipilih pada halaman ‘pilihan’
  • Mengisikan portofoliopada halaman ‘portofolio’, apabila prodi yang dipilih memberikan syarat adanya dokumen portofolio. Apabila prodi yang dipilih tidak memberiikan syarat tersebut maka, halaman ini tidak perlu diisikan.
  • Mengisikan prestasi pada halam ‘prestasi’. Isian ini bersifat tidak wajib dan tidak perlu diisikan jika dirasa tidak diperlukan. Jika ada, silahkan isikan prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang dsyaratkan masing-masing pilihan di kolomnya.
  • Melakukan finalisasi pada halaman ‘finalisasi’, apabila semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah finalisasi dilakukan, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak dapat dirubah dengan alasan apapun.
  • Mengunduh dan mencetak kartu registrasi
Baca Juga :  Pecahkan Masalah Krusial Mafia Tanah, Sertifkat Elektronik atau E-Sertif Dilansir Jadi Solusi

Sementara itu, LTMPT tidak menganjurkan lintas jurusan meski diperbolehkan. Bagi pendaftar dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau Politeknik Negeri atau dua PTN atau Politeknik Negeri.

Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN atau Politeknik Negeri pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN atau Politeknik Negeri yang berada di provinsi mana pun.

Baca Juga :  Hidangan Orem-Orem, Perwujudan Ucapan Syukur Warga Malang

Sebelumnya, LTMPT juga telah menjelaskan bahwa kewenangan penentuan lolos tidaknya peserta SNMPTN tergantung masing-masing PTN. Salah satu pertimbangan penentuan lolos yakni terkait track record.

Namun, disebutkan inti dari hal tersebut dibagi menjadi dua yang meliputi pertama, kualitas sekolah. Artinya, dilihat dari track record siswa sekolah tersebut dan prestasi siswa (kakak kelas atau alumni si pendaftar) di PTN tujuan.Kedua, yakni dilihat dari prestasi siswa yang mendaftar. Prestasi ini sifatnya relatif. Artinya berbeda antar sekolah meski sama-sama memiliki nilai 8 tapi kualitasnya tentu berbeda.

Hal lain yang menjadi catatann adalah adanya pemeringkatan SMA berdasarkan nilai Tes Potensi Skolastik (TPS) 2021 yang dibuat LTMPT beberapa waktu lalu bisa dijadikan pertimbangan bagi siswa yang belum memiliki alumni di universitas tujuan.

Untuk, pendaftar yang mengalami kendala teknis dalam pendaftaran SNMPTN dapat menghubungi layanan Call Center 0804 1 450 450 atau https://halo.ltmpt.ac.id .

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait