Hari Ini Gelombang II UTBK SBMPTN Dimulai, Pahami Aturannya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Hari Ini Gelombang II UTBK SBMPTN Dimulai, Pahami Aturannya
BERITA HIGHLIGHT

Hari Ini Gelombang II UTBK SBMPTN Dimulai, Pahami Aturannya

Satukanal.com, Nasional – Melansir pada akun instagram resmi milik Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), UTBK SBMPTN Gelombang II hari ini dimulai.

Jadwal pelaksanaan UTBK SBMPTN Gelombang II kembali dilaksanakan mulai hari ini, Senin (26/4/2021) hingga 4 Mei 2021 mendatang.

Pada pelaksanaan hari pertama UTBK SBMPTN Gelombang II, LTMPT menyampaikan di akun resmi instagramnya agar para peserta UTBK dapat berpakaian rapi dan sopan serta tepat waktu menghadiri lokasi ujian.

“Pastikan untuk sampai di lokasi ujian 45 menit sebelum sesi ujian dimulai dan jangan terlambat,” tulis LTMPT pada unggahannya.

Sementara itu, ketika hendak mengikuti ujian, LTMPT mewajibkan peserta membawa sejumlah dokumen yang telah disyaratkan sebelumnya.

Beberapa di antaranya seperti, wajib membawa kartu tanda peserta, fotocopy ijazah yang sudah dilegalisasi bagi lulusan 2019 dan 2020 atau surat keterangan kelas 12, dan identitas diri seperti KTP/SIM/kartu pelajar.

Baca Juga :  Catat! 4 Pelangggaran Ini Bisa Sebabkan Peserta UTBK-SBMPTN Gagal

Peserta SBMPTN akan mengikuti dua jenis ujian berdasarkan kelompok ujian yang dipilih. Yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Potensi Akademik (TPA) kelompok ujian saintek, soshum atau campuran.

Selain itu, untuk pelaksanaan UTBK sendiri dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi pagi dan siang. Untuk sesi pagi, kegiatan UTBK dimulai sejak pukul 06.45 WIB dan ujian digelar pada 07.15 WIB.

Pada sesi siang, kegiatan UTBK dimulai sejak pukul 13.00 WIB dan ujian digelar pukul 13.20 WIB. Jadwal waktu pelaksanaan sesi siang di Pulau Jawa sedikit berbeda di hari Jumat.

UTBK sendiri merupakan tahapan yang wajib dilalui peserta SBMPTN dan menjadi penentu utama seleksi. Jika tidak lolos SBMPTN, sejumlah perguruan tinggi negeri mengizinkan calon mahasiswa menggunakan nilai UTBK untuk seleksi jalur mandiri.

Baca Juga :  Aturan Jam Kerja ASN Selama Ramadhan Minimal 32,5 Jam Seminggu

“Jika tidak lolos SBMPTN, sejumlah perguruan tinggi negeri mengizinkan calon mahasiswa menggunakan nilai UTBK untuk seleksi jalur mandiri,” terangnya.

Saat tiba di Pusat UTBK, para peserta diwajibkan segera menuju ke gedung atau ruang lokasi ujian. Pusat UTBK PTN menyediakan ruang transit atau ruang tunggu untuk peserta UTBK.

Apabila peserta diantar, peserta harus turun di area drop zone terdekat dengan gedung atau ruang lokasi ujian. Selanjutnya, peserta harus mengikuti prosedur pemeriksaan kesehatan pencegahan Covid-19 yang dilakukan panitia pusat UTBK PTN.

Prosedur pemeriksaan kesehatan tersebut meliputi, kewajiban memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Setelah melalui pemeriksaan kesehatan, Peserta dipersilakan menuju ruang ujian dengan tertib dan tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait