Hari Ini, Bioskop Di Kota Malang Diizinkan Beroperasi Kembali | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Bioskop Kota Malang
Bioskop Kota Malang kembali dibuka
BERITA COVID-19 HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Hari Ini, Bioskop Di Kota Malang Diizinkan Beroperasi Kembali

SATUKANAL.com, MALANG– Sejumlah bioskop di Kota Malang Jawa Timur mulai diizinkan beroperasi kembali hari ini, selasa (27/10). Kabar ini sudah diberi lampu hijau oleh Pemerintah Kota Malang (Pemkot) Malang.

Wali Kota Malang Sutiaji memastikan pembukaan operasional bioskop di Kota Malang tak menunggu zona kuning terlebih dahulu, meski saat ini masih berada di zona oranye. “Pembukaan bioskop ini tidak harus menunggu zona kuning. Sebab, sudah banyak warga yang rindu nonton di bioskop. Insyaallah akan dibuka besok,” ujar Sutiaji saat meninjau protokol kesehatan Covid-19 terkait bioskop di salah satu pusat perbelanjaan (26/10)

Izin terkait pembukaan bioskop tersebut pada dasarnya telah memenuhi verifikasi lapangan dari Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) maupun tim Gugus Satgas Covid-19 Kota Malang. “Sudah bisa dibuka berdasarkan verifikasi lapangan dari Disporapar maupun tim kami (Gugus Satgas Covid-19) yang juga melakukan visit,” jelas Sutiaji memberi keterangan.

Baca Juga :  DPUPRPKP Kota Malang Optimalkan Sanitasi, Guna Terciptanya Warga Kota Malang Yang Sehat

Sutiaji juga menambahkan bahwa pengelola bioskop harus menjalankan catatan yang dikirimkan oleh Pemerintah Kota Malang sebagai syarat utama kembali bisanya untuk beroperasi. Salah satunya terkait tempat duduk di dalam bioskop yang wajib bergantian. Sutiaji juga meminta pengelola bioskop terus membatasi jumlah penonton, di angka maksimal 50 persen dari kapasitas total bioskop. Setelah selesai digunakan harus ada sterilisasi terlebih dahulu.

“Harus ada sterilisasi, menggunakan air purifier dan lampu UV. Harapannya bisa meminimalkan risiko penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Juru Bicara gugus satgas Covid-19 yang juga Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kota Malang dr. Husnul Muarif menyatakan sekiranya untuk biskop di Kota Malang bisa menjadikan Movimax Sarinah sebagai role model. Hal ini dikarena Movimax Sarinah telah dipastikan telah memenuhi standar protokol kesehatan yang sesuai dan lengkap. Seperti halnya dengan adanya air purifier dan sinar UV. Husnul juga menambahkan bahwa sinar UV sendiri sebagai salah satu proteksi untuk menghilangkan kuman dan virus di ruangan kosong, terlebih di area yang lembab.

Baca Juga :  KIM Award 2020 Kota Malang, Cegah Disinformasi Antara Masyarakat Dan Pemerintah

Di luar syarat tersebut, Sutiaji menambahkan bahwa masyarakat juga tidak diperbolehkan makan di dalam bioskop, sebab ketika makan masyarakat akan membuka masker dan dikhawatirkan berpotensi menularkan virus. Selain itu, untuk sistem pembayaran tiket masuk bioskop juga menggunakan cashless system. Untuk pengembalian uang harus menggunakan nampan yang tersedia.

Sementara itu, Kabid Ekonomi Kreatif di Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Heri Sunarko mengaku telah melakukan verifikasi terhadap sejumlah bioskop besar yang ada di Kota Malang. “Kami sudah lakukan verifikasi, utamanya untuk bioskop yang besar-besar. Hanya ada satu atau dua bioskop saja yang belum kami verifikasi,” tuturnya.

Sinyal kepastian bioskop dapat kembali buka telah diberikan pada waktu itu. Asalkan sesuai dan telah memenuhi standar protokol kesehatan.

Pewarta: Adinda A.I.U.
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait