Hari Anak Nasional, Lembaga Perlindungan Anak: Kurangi Gatget untuk Anak!!! - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
IMG_20210723_15203844-a8d8eccb
BERITA Kanal Straight

Hari Anak Nasional, Lembaga Perlindungan Anak: Kurangi Gatget untuk Anak!!!

Satukanal.com, Kediri – Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2021, masih dibayangi dampak negatif penggunaan teknologi gadget masa kini. Apalagi masa pandemi covid yang mewajibkan anak-anak menggunakan smartphone sebagai media pembelajaran sekolah.

Sekertaris Lembaga Perlindungan Anak Kota Kediri Deki Susanto mengatakan, dewasa ini penggunaan gadget sangat rawan, khususnya penggunaan untuk anak-anak tanpa pengawasan orang tua, karena dapat menimbulkan masalah kesehatan mental, perilaku, hingga depresi.

“Anak-anak sekarang ini sudah berbeda zaman pada waktu dulu. Sekarang itu banyak bermain gadget dengan dunia maya istilahnya,” kata Deki kepada satukananal.com, Jumat (23/7/2021).

Dia mengimbau kepada para orang tua agar selalu melakukan pengawasan ketika anak menggunakan gadget, sebab anak-anak belum bisa memilah konten positif dan negatif di gawai.

Baca Juga :  Tinjau Lokasi Sekolah, Kadisdikbud Jombang : PTM Siap Digelar

Menurut Deki, beberapa upaya pencegahan yang bisa dilakukan para orang tua salah satunya dengan mengikutkan anak di sanggar budaya, atau kegiatan yang menuntut anak aktif. Dengan adanya kegiatan aktif sedikit demi sedikit anak akan menjauh dari gatget.

Upaya pengenalan budaya menurut dia salah satu yang efektif, hal itu ia buktikan di Sanggar Karawitan Manunggal Rasa Kediri UPP PTD Kota Kediri.

Deki, yang juga menjadi Ketua di sanggar tersebut mengaku saat ini partisipasi anak-anak untuk berseni budaya. Sejumlah 40 anak-anak berlatih mulai tingkat TK, SD, SMP, hingga SMA.

Baca Juga :  101 Pelajar Kota Malang Kehilangan Orang Tua Akibat Covid-19, Dinsos Turun Tangan

“Anak-anak yang berlatih mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA itu kurang lebih 40 anak. Diantaranya belajar Tari, musik karawitan, dan juga teater di sini,” jelasnya.

Menurutnya untuk keinginan anak-anak berseni budaya sudah mulai ada peningkatan di sanggarnya. Namun karena kondisi yang tidak memungkinkan situasi Covid-19, disebutkan masih belum bisa maksimal.

Dalam hari anak nasional ini, dia juga berpesan kepada seluruh anak-anak untuk semangat meskipun dalam masa pandemi Covid-19. “Selamat Hari Anak Nasional Indonesia. Ayo kalian bisa bangkit untuk menatap masa depan bangsa Indonesia lebih maju,” pungkasnya.

Pewarta: Anis Firmansyah 
Editor: Ubaidhillah 

    Kanal Terkait