Harga Naik, Berkah Petani Kembang Kol - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Harga Naik, Berkah Petani Kembang Kol
BERITA Kanal Highlight

Harga Naik, Berkah Petani Kembang Kol

Satukanal.com, Malang – Suksesnya panen kembang kol petani, dibarengi dengan angin segar. Stok melimpah dibarengi permintaan tinggi, menyebabkan harganya melambung tinggi. Beberapa minggu lalu, kembang kol hanya dihargai Rp 6 ribu setial kilogramnya. Harga meningkat hingga lebih dua kali lipat, menjadi Rp 14 ribu perkilonya. Seperti yang diungkapkan seorang petani kembang kol, Suprayitno yang berada di Ngantang, Kabupaten Malang hari ini (6/5).

“Alhamdulillah harga naik, setelah turun sekali waktu itu. Pasti sangat membantu untuk ekonomi petani,” ucapnya. Kenaikan harga tersebut menurutnya karena adanya Bulan Ramadan. Kebutuhan pangan meningkat membuat permintaan sayur banyak olahan tersebut juga meroket.

Baca Juga :  Harga Bitcoin Anjlok, Pengguna Tetap Optimis

Naiknya harga membuat para petani bisa tersenyum. Pasalnya beberapa bulan kebelakang mereka merasa dilanda kesulitan. Hujan yang datang hampir disetiap harinya dianggapnya sebagai berkah sekaligus musibah.

Dalam sekali panen, ia bisa memperoleh kurang lebih 4 ton kembang kol. Dari lahan yang dimilikinya seluas 200 meter persegi. “Kalau terlalu sering hujan seperti ini, tanaman mudah busuk. Karena terlalu banyak kandungan air yang masuk ke tanaman,” jelasnya.

Penggunaan pupuk tidak bisa maksimal terserap karena selalu hanyut terbawa hujan. Selain itu hujan juga menyebabkan daun menjadi tipis dan mudah rontok. Cara penanggulangan yang dipilih Andi yaitu dengan sering-sering menggunakan pupuk dengan kandungan kalsium tinggi.

Baca Juga :  Peralihan Musim, Cabai Rawit Kebanyakan Layu

Pembuatan gundukan di setiap dua meter lahannya juga menjadi jalan keluar. “Adanya hujan sebenarnya juga membantu. Tapi, jika terlalu sering pasti tanaman jadi rusak. Semoga cuaca bisa stabil dan tidak membawa dampak buruk ke petani,” harapnya.

 

 

Pewarta : Wildan Agta Affirdausy
Editor :Redaksi Satukanal

Kanal Terkait