SATUKANAL.COM
BERITA STRAIGHT NEWS

Harga Cabai Rawit di Kediri Tembus Rp 70 Ribu

SATUKANAL, KEDIRI – Harga komoditas cabai rawit di wilayah Kediri dalam sepekan terakhir terus mengalami kenaikan. Berdasarkan pantauan Satukanal.com di salah satu pasar induk, harga cabai saat ini berkisar Rp 70 ribu per kilogram.

“Harga naik mulai Sabtu 18 Januari, katanya karena pasokan dari petani sedikit, yang pada akhirnya membuat stok pasaran minim sedangkan permintaan kebutuhan komoditas cabai rawit ini banyak,” kata Hendik, salah pedagang di Pasar Induk Pare.

Hendik juga mengatakan, fluktuasi harga tersebut terjadi secara drastis. Sebelumnya, di awal tahun 2020 harga cabai rawit hanya Rp 50 ribu per kilogram.

Baca Juga :  Persik Kediri Target 5 Pemain U-20 Untuk Arungi Liga 1

“Beberapa hari kemarin masih di angka Rp 50 ribu per kilogram dan kemarin mulai naik menjadi Rp 70 ribu per kilogram,” ucapnya.

Hendik pun memperkirakan, kenaikan harga cabai rawit tersebut disinyalir akan terus terjadi hingga sepekan ke depan. Bahkan dimungkinkan bisa terjadi hingga bulan Februari.

“Prediksinya hingga bulan Februari nanti harga cabai rawit masih akan terus naik,” katanya.

Lantas apa yang membuat harga cabai mengalami kenaikan? Hendik mengaku, jika musim hujan yang membuat cabai cepat membusuk dan mengalami penurunan jumlah produksi. Karena kondisi itu pula membuat pasokan cabai yang diterima oleh Hendik menurun.

Baca Juga :  Baru Satu Paslon, KPU Kabupaten Kediri Kembali Perpanjang Pendaftaran

“Biasanya mempunyai stok barang hingga 2 ton lebih. Namun karena kondisinya seperti ini jumlah produksi yang saya ambil dari pengepul baik dari wilayah Pagu Kediri, Brenggolo Kediri menurun menjadi 6 kwintal saja dalam sehari,” bebernya.

Selain itu menurut Hendik, berdasarkan informasi yang diperoleh dari petani. Cuaca hujan disertai angin membuat bunga tanaman cabai alami rontok. Hal tersebut juga mempengaruhi jumlah panen. “Katanya, tanaman cabai rusak, dan itu hang paling berpengaruh,” pungkasnya.

Pewarta: M Ubaidhillah

Redaktur: N Ratri

    Kanal Terkait