Harga Bahan Baku Tak Kunjung Turun, Penjual Gorengan di Kediri Puyeng - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
IMG20220112092518-9e0f45ca
BERITA Kanal Straight

Harga Bahan Baku Tak Kunjung Turun, Penjual Gorengan di Kediri Puyeng

Satukanal.com, Kediri Dalam satu bulan terakhir harga bahan baku pembuatan kue tak kunjung turun. Sejumlah penjual kue gorengan di Kota Kediri terpaksa beramai ramai menaikan harga jual, Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisir kerugian.

Keadaan seperti ini dialami oleh Sarini, salah satu penjual kue Cakwe dan Roti goreng di Kelurahan Banjaran Kecamatan Kota Kediri. Dalam Keteranganya Sarini mengaku harus menaikkan harga jualnya sejak 1 bulan yang lalu. Mulai dari harga awal Rp1.500, kini dinaikkan menjadi Rp1.750 per biji.

Disampaikan kenaikan harga tersebut dampak dari kenaikan sejumlah harga bahan baku seperti minyak goreng, tepung terigu, telur, gula, dan mentega. “Sejak 4 bulan lalu, harga naik terus. Kenaikan harga 10 ribu setiap bahan bakunya,” kata Sarimi, kepada satukanal.com, Rabu (12/1/2022).

Dia mengungkapkan untuk harga sejumlah bahan baku seperti tepung terigu yang sebelumnya diperoleh harga 200 ribu per bal, kini memperoleh harga 210 ribu per balnya. Lalu harga mentega sebelumnya 250 ribu, sekarang 250 ribu.

Kemudian harga gula dari harga 10 ribu per kilogram, kini didapatkan harga 11 ribu perkilogram. Kemudian disampaikan harga bahan baku telur juga naik signifikan, 30 ribu, dari yang sebelumnya hanya 22 ribu.

“Harga minyak goreng juga naik, dulu sebelumnya sekitar 15 ribu, sekarang jadi 18 ribu,” jelasnya.

Menurut Sarimi akibat kenaikan harga minyak ini juga, Ia terpaksa juga menaikan harga roti goreng cakue dari Rp500, menjadi Rp1.750 perbiji.

“Pembeli disini banyak yang mengeluh harga cakue naik. Tetapi mereka juga tidak tahu belanjanya berapa, jadinya harga bisa naik,” pungkasnya.

 

Pewarta : Anis Firmansyah
Edito : John

    Kanal Terkait