Hampir Sama dengan Covid-19, Ini Gejala Terinfeksi Flurona - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
terinfeksi
ilustrasi Covid-19 (foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

Hampir Sama dengan Covid-19, Ini Gejala Terinfeksi Flurona

Satukanal.comNasional – Baru-baru ini dunia dihebohkan dengan munculnya penyakit Flurona. Penyakit ini merujuk pada seseorang yang terinfeksi flu dan Covid-19 bersamaan.

Diketahui, Israel mengkonfirmasi kasus pertama yang disebut flurona pada Kamis (30/12/2021), menurut The Times of Israel. Laporan lokal mengatakan bahwa pasien adalah seorang perempuan hamil muda, yang berada di rumah sakit, meskipun gejalanya ringan.

Kementerian Kesehatan Israel menyebut masih mempelajari kasus ini. Mereka masih melihat apakah ini bisa menyebabkan gejala penyakit yang parah atau ringan saja.

Sebab sejauh ini, gejala ‘flurona’ tampak ringan meski menyebabkan orang yang terinfeksi mengalami kesulitan bernapas.

Apa itu Flurona?

Flurona berasal dari gabungan kata influenza atau flu dan coronavirus. Seperti namanya, flurona adalah gabungan dari flu dan Covid-19. Flurona terjadi saat kedua virus ini menyerang tubuh dalam waktu yang bersamaan.

Baca Juga :  Banjir Dukungan, Fuji Jadi Pemeran Utama 'Bukan Cinderella'

Saat dilakukan pemeriksaan, pasien terdeteksi positif terinfeksi virus flu dan juga Covid-19. Virus influenza dan virus corona sama-sama menginfeksi tubuh. Flurona menyebabkan sejumlah gejala yang berhubungan dengan pernapasan saluran atas.

Apa saja gejala seseorang terinfeksi Flurona?

  • Flurona hanya menyebabkan gejala ringan dan kesulitan bernapas pada beberapa pasien.
  • Gejala utama virus corona Covid-19 termasuk demam tinggi, batuk terus-menerus, kehilangan indra penciuman dan perasa.
  • Batuk terus-menerus sering terjadi selama lebih dari 1 jam atau 3 kali atau lebih dalam sehari.
  • Badan sakit, kelelahan, batuk kering, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan kesulitan tidur.

Kondisi tersebut bisa berakibat fatal jika tidak ditangani tepat waktu. Pada Covid-19, seseorang mungkin mengalami kehilangan rasa dan penciuman, yang tidak berhubungan dengan flu. Bahkan komplikasi pasca infeksi yang terlihat dalam kasus Covid hilang ketika terinfeksi oleh virus influenza.

Baca Juga :  Tuntaskan Persoalan Asuransi Bisa Lewat LAPS SJK, Simak Caranya

Bagaimana cara mencegah Flurona?

Direktur Manajemen Bahaya Penyakit Menular, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dr Sylvie Briand menjelaskan cara untuk mencegah infeksi influenza dan Covid-19 sebetulnya sama. Keduanya merupakan penyakit saluran pernapasan dengan metode penularan serupa.

Menerapkan protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menjaga ventilasi udara dalam ruangan bisa cukup efektif untuk mencegah flurona. “Kedua penyakit ini sangat bisa dicegah dengan protokol kesehatan itu,” ungkap Sylvie seperti dikutip dari situs resmi WHO, Selasa (4/1/2022).

Upaya pencegahan lain yang bisa dilakukan adalah dengan vaksinasi untuk influenza dan Covid-19. Sylvie menyebut tidak ada masalah mendapatkan vaksin untuk dua penyakit tersebut secara bersamaan.

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait