Hadirkan Aksi Kesenian Daerah, Pentas Budaya APEKSI 2017 Dihelat Meriah - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Hadirkan Aksi Kesenian Daerah, Pentas Budaya APEKSI 2017 Dihelat Meriah

Satuchannel.com, Kota Malang –Gelaran Pentas Budaya Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh  Indonesia (APEKSI) 2017, Rabu Sore (19/7) resmi dibuka oleh Wali Kota Malang, H. Moch Anton. Acara yang merupakan rangkaian dari Rapat Kerja Nasioanal (Rakernas) APEKSI 2017 ini dibuka sekitar  pukul 15.00 dengan disaksikan oleh 98 Wali kota sebagai peserta tamu undangan. Sejumlah kesini khas tiap tiap kota hadir pada helatan itu.

Dalam pidato sambutannya, di depan para tamu undangan maupun masyarakat Kota Malang yang juga hadir. Anton mengatakan bila pentas budaya ini merupakan pertunjukan yang bertujuan untuk menunjukan sebuah kebersaman budaya nasional kita. selain itu, pentas ini juga menjadi penegas dari prinsip kebangsaan Indonesia.

“Bahwa kita berbeda tapi tetap satu. Pada pentas ini diikuti oleh ribuan seni budaya dari berbagai daerah. Berbagai ragam budaya juga bisa dinikmati oleh masyarakat malang. Disinilah kita menunjukan sikap kebangsaan kita, prinsipnya kita bebeda tapi tetap satu,” tutur orang nomersatu di Kota Malang itu.

Baca Juga :  Pesan Pak Wali Untuk BPPD Kota Malang 2021
Parade Budaya (Iqbal)

Abah Anton juga menjelaskan dalam helatan kali ini, Kota Malang sebagai tuan rumah menyuguhkan sebuah aksi tarian khas dari Kota Malng sendiri. Dengan itu, harapannya, para tamu undangan dan masyarakat yang hadir dapat mengetahui kebudayaan yang dimiliki oleh Malang.

”Malang menampilkan tari topeng. Hal ini karena salah satu tarian tradisionl kita, tapi juga ada dari masyarakat kita yang memiliki kepedulian jadi mereka sengaja memberikan sumbangan pada pemerintah dalam hal kesenian. Hal itu juga bertujuan agar budaya Malang ini dapat dinilai memang layak untuk dijadikan salah satu peminat pariwisata yang hadir di Kota Malang,” jelasnya.

Baca Juga :  Momen Lebaran, Omzet Pedagang Ketupat Meningkat

Setelah pemberian sambutan oleh Wali Kota Malang, acara kemudian dilanjutkan dengan kirab budaya. Pada kirab budaya tersebut, satu per satu kontingen dari tiap daerah yang hadir menyuguhkan budaya khasnya masing-masing. Mereka terlihat pakaian khas dari masing-masing daerah, sambil menyuguhkan tarian atau musik-musik tradisional.

Selain para peserta, para Walikota yang hadir juga terlihat mengenakan pakaian – pakaian tradisonal khas daerah mereka. Seperti yang dikenakan oleh Wali Kota dari Jogjakarta yang mengenakan blangkon, surjan dan kain batik.

Hingga berita ini ditulis, acara pentas budaya masih terus berjalan. Sementara itu, direncanakan setelah mengahdiri pentas budaya, Wali Kota dari seluruh Indonesia itu dijadwalkan akan melaksanakan acara inti yakni Rapat Kerja Nasional yang bertempat di Hotel Savana Kota Malang. (iqb)

Kanal Terkait