Gunakan Inquiry Learning, Hadapi Tantangan Pembelajaran 4.0 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Gunakan Inquiry Learning, Hadapi Tantangan Pembelajaran 4.0
BERITA HIGHLIGHT

Gunakan Inquiry Learning, Hadapi Tantangan Pembelajaran 4.0

pembela, Malang – Seiring perkembangan zaman, teknik belajar mengajar pun terus ikut berkembang. Termasuk tantangan anak usia dini menghadapi Era Revolusi 4.0. Inquiry learning dipilih Dinas Pendidikan Kabupaten Malang lantaran dirasa jadi yang paling tepat. Hingga saat ini, tahap percobaannya masih meliputi Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Dra Ria Haruseptiowati M Pd, mengenalkan serta mempraktekkan metode Inquiry learning sebagai bentuk pembaruan metode pembelajaran pada tingkat PAUD. Inquiry learning merupakan teknik pembelajaran yang melibatkan peserta dalam proses belajar melalui bertanya, diskusi, aktivitas problem solving, berproses, membangun rasa ingin tahu melalui bermain, hingga timbul kreatifitas atau berpikir kritis.

Baca Juga :  Pemkab Malang Tiba-Tiba Ingin Kelola Hutan, Mau Dibuat Apa?

“Kegiatan ini untuk membuka wawasan, dan merubah mindset pendidik, bahwa perkembangan dunia yang sangat pesat mengharuskan manusia mempersiapkan perubahan. Oleh karena itu, Education 4.0 merupakan pembelajaran yang sesuai yang dibutuhkan anak-anak generasi milenial, sehingga saat ini para pendidik harus mampu bergeser dari pola pembelajaran paradigma lama ke pembelajaran paradigma baru” ujar Ria hari ini (16/4).

Para tenaga pendidik juga diharuskan membuat bahan ajar yang berbasis pengembangan kemampuan siswa. Seperti Emergent curriculum, Pembelajaran berbasis cerita, Pendekatan Proyek, Learning Story, RPP dan Dokumen pedagogik. Ria mentargetkan pada semester ini seluruh guru di kecamatan Karangploso dapat menerapkan Inquiry Learning.

“Saya berharap dari pelaksanaan Education 4.0 mampu merubah mindset, sikap dan motivasi positif dari para pendidik, serta terampil dalam penerapannya,” tutupnya.

Baca Juga :  Larangan Mudik Lebaran, Kabupaten Malang Lakukan Penyekatan 5 Titik

 

 

 

Pewarta: Wildan Agta Affirdausy
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait