SATUKANAL.COM
Optimalisasi penggunaan Dana Desa
BERITA HIGHLIGHT ISU PILIHAN

Pusat Kucurkan Rp 7,6 Triliun, Masih Ada 363 Desa Tertinggal dan 2 Sangat Tertinggal di Jatim

SATUKANAL – Optimalisasi penggunaan Dana Desa (DD) masih harus ditingkatkan, termasuk di Jawa Timur. Hingga akhir 2019, masih ada 363 desa berstatus tertinggal dan 2 desa sangat tertinggal di wilayah tersebut.

Padahal, program DD sendiri telah berjalan sejak 2015 silam. Untuk 2020 ini, Provinsi Jawa Timur menerima kucuran dana senilai Rp 7,654 trilliun untuk 7.724 desa.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pun meminta seluruh pemerintahan desa di wilayahnya untuk melakukan penyerapan dana desa. Dia menargetkan, serapan tahap pertama dana desa bisa mencapai 40 persen atau sekitar Rp 3,061 trilliun.

Khofifah menegaskan, penggunaan dana desa itu diprioritaskan untuk cash for work atau padat karya tunai. “Para kepala desa dalam menggunakan dana desa ini, tetap memegang asas prioritas untuk memberikan upah uang tunai pada masyarakat desa yang terlibat dalam pembangunan desa,” tegasnya.

Khofifah menyebutkan bahwa saat ini, di Jawa Timur masih ada 363 desa tertinggal. Dia menargetkan seluruh desa tertinggal itu bisa dientaskan pada 2020 ini. “Harapannya, di akhir tahun 2020 mendatang, tidak ada lagi desa tertinggal di Jawa Timur,” tuturnya.

“Selain itu ada 2 desa sangat tertinggal di Jatim. Satu karena dampak lumpur Lapindo di Sidoarjo, dan satu lagi ada di Bondowoso karena memang dari sisi keterjangkauan sulit akses. Nah dua desa ini yang harus bersinergi dengan desa-desa terdekatnya supaya tidak lagi menjadi desa sangat tertinggal,” urai Khofifah.

“Sebaliknya, kita ingin meningkatkan status desa tersebut menjadi desa yang maju dan desa yang mandiri. Ini yang kita ingin tingkatkan,” imbuhnya.

Selain itu, Pemprov juga sudah membuat surat edaran gubernur. Yang isinya, Pemprov ingin agar dana desa dipakai untuk program yang bisa menurunkan kemiskinan di pedesaan.

Hal tersebut disampaikan dalam rangka Rapat Kerja Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa di tahun 2020. Sebanyak 7.724 kepala desa di Jawa Timur dikumpulkan di Jatim Expo, Selasa (25/2), untuk mendapatkan pengarahan khusus dari Irjend Kemendagri terkait percepatan penyaluran dana desa dan pengelolaannya.

Redaktur: N Ratri

Kanal Terkait