Gua Jegles Berdinding Bebatuan Besar yang Patut Dikunjungi saat Berwisata di Kediri - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Gua Jegles Berdinding Bebatuan Besar yang Patut Dikunjungi saat Berwisata di Kediri
Istimewa
BERITA Kanal Artikel

Gua Jegles Berdinding Bebatuan Besar yang Patut Dikunjungi saat Berwisata di Kediri

Satukanal.com, Kediri – Berlokasi di Jalan Jegles, Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, baru-baru ini telah ditemukan sebuah Gua. Karena terletak di Jalan Jagles, Gua ini pun dinamakan Gua Jagles.

Melansir pada akun Instagram @medsoskediri, destinasi wisata alam Gua Jegles belum resmi dibuka untuk wisatawan. Pasalnya, saat ini gua tersebut masih dalam proses perencanaan pembangunan.

“Otomatis sarana dan prasarana penunjang buat wisatawan juga belumlah ada/minim banget. Gua Jegles saat ini di kelola oleh pihak Desa Keling sendiri,” tulis @medsoskediri.

Meskipun lokasi wisata Gua Jagles belum resmi dibuka, apabila anda ingin berkunjung dan berfoto di Gua Jegles masih tetap bisa. Anda tidak perlu khawatir akan kecewa, karena sesampainya di lokasi, anda akan dimanjakan dengan keindahan air terjun dari sungai yang mengalir di dekat Gua Jegles. Belum lagi panorama alam sekitarnya yang sejuk dan asri.

Baca Juga :  Tahun ini, Harga Hewan Qurban di Kediri Hanya Naik 5 Persen

“Di dalam gua kita bisa berfoto-foto, karena di dalam gua memang bagus buat berfoto/berswa foto (instagramabel-lah) Note lebih baik kesini pagi2, kalo siang panas sekali,” tulis @medsoskediri.

Wisata alam Gua Jagles yang tidak berukuran besar, namun tetap menyajikan pemandangan yang bagus. Saat ini, hanya ada satu pintu yang difungsikan untuk masuk dan keluar Gua Jegles bagi wisatawan.

Bagi para wisatawan yang hendak berkunjung harus bergantian dan berhati-hati saat masuk ataupun keluar Gua Jegles, terutama bagi pengunjung lansia dan anak-anak.

Sebagai informasi, sebelumnya Gua Jegles hanya sebuah tempat yang tak terpakai dan tak terawat. Bahkan, sebelumnya lokasi ini dikenal masyarakat sekitar sebagai tempat yang mistis dan angker.

Gua Jegles sebelumnya juga dikenal sebagai salah satu tempat bersejarah di mana diketahui banyak tentara PKI yang memanfaatkan sebagai lokasi persembunyian. Beredar mitos bahwa di Gua Jegles terdapat ular besar yang dipercayai sebagai salah satu penunggu tempat tersebut.

Baca Juga :  PPKM Darurat Mengancam Kelangsungan Usaha Makanan Cepat Saji

Namun, saat ini Gua Jegles sudah berubah dibawah tangan dingin Kades Keling dan warga sekitar. Gua yang nampak angker, mistis dan tak dirawat itu diubah menjadi lokasi indah dan instagramabel seperti saat ini.

Sementara itu, Rofii Lukman selaku Kepala Desa Keling mengatakan, bahwa sebelum ide pengelolaan Gua Jegles, pihaknya sudah membuka pariwisata rafting di depan Gua Jegles. “Dari rafting yang sebelumnya sudah berjalan setahun, kami punya pola pikir baru, masa hanya wisata turun ke kali setelah itu selesai” jelasnya.

Saat ini pembangunan Gua Jegles sudah memasuki tahap 80 persen. Namun, pihak Pemerintah Desa Keling masih akan menyelesaikan tahap akhir pembangunan seperti akses parkir dan taman. “Kami akan selesaikan semuanya, tetapi kalau ditanya kapan dibuka, kami belum bisa menyampaikan” ujarnya.

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait