Gerhana Matahari Cincin Terjadi Besok, Wilayah Mana Yang Bisa Menyaksikan? - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Gerhana Matahari Cincin Terjadi Besok, Wilayah Mana Yang Bisa Menyaksikan?
Penampakan puncak gerhana matahari cincin (Foto: Tim BMKG Singkawang)
BERITA Kanal Artikel

Gerhana Matahari Cincin Terjadi Besok, Wilayah Mana Yang Bisa Menyaksikan?

Satukanal.com, Nasional – Fenomena astrologi berupa Gerhana Matahari Cincin akan terlihat dari permukaan Bumi pada Kamis (10/06/2021) dan dapat disaksikan oleh sebagaian penduduk bumi di wilayahnya.

Fenomen ini terjadi karena posisi Matahari, Bulan dan Bumi segaris. Ketika terjadi gerhana, Bulan yang menutupi matahari tampak lebih kecil sehingga tidak mampu menghalangi seluruh cahaya matahari. Kemudian, akan ada sisa cahaya dari jari-jari sudut matahari dan gerhana ini akan nampak seperti cincin.

Dilansir dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), fenomena astrologi ini juga sekaligus menandai fase Bulan baru. Namun, fenomena yang cukup langka kali ini tidak dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia.

Lantas, apakah fenomena ini bisa disaksikan oleh warga Indonesia? Apabila tidak bisa disaksikan, wilayah mana saja yang dapat menyaksikan gerhana matahari cincin ini? Untuk mengetahuinya, berikut ulasan lengkapnya:

Wilayah Untuk Melihat Gerhana Matahari Cincin

Fenomena Gerhana Matahari Cincin yang akan terjadi besok (10/06/2021), hanya dapat dilihat oleh sebagian penduduk bumi di wilayah tertentu. Dua wilayah yang bisa menyaksikan fenomena ini dengan sempurna merupakan negara di luar Indonesia yakni Pulau Ellesmere dan Baffin, Kanada serta Kawasan Siberia, Rusia.

Baca Juga :  Formasi CPNS 2021 Kemenlu, Ada Yang Ditugaskan di Luar Negeri Lho!

Sedangkan, untuk beberapa wilayah disebutkan juga bisa menyaksikan fenomena ini meskipun tak sempurna dan hanya terlihat sebagian saja. Wilayah ini antara lain Eropa, Rusia, Asia Tengah, Greenland, Islandia dan China bagian barat.

Sebagai informasi, Pusat Diseminasi Sains Antariksa menyarankan agar tidak mengamati fenomena gerhana ini dengan mata telanjang. Hal ini lantaran, intensitas cahaya dari sinar matahari ini tetap sangat tinggi dan bisa menyebakan kerusakan retina di belakang bola mata.

Alasan Gerhana Matahari Cincin Terlihat di Wilayah Tertentu

Gerhana matahari hanya bisa dilihat di wilayah tertentu saja karena posisi penumbra bulannya. Penumbra sendiri merupakan, bayangan kabur yang terjadi di saat gerhana atau munculnya bayangan di beda gelap yang tidak tembus pandang.

Sebagai contoh, apabila bayangan penumbra Bulan tidak melalui Indonesia, bayangan Bulan tidak akan nampak menutupi Matahri. Maka, Gerhana matahari ini tidak akan terlihat. Sementara di wilayah lain akan terjadi Gerhana Matahari Sebagian.

Baca Juga :  Bisa Disimpan di Ponsel, e-KTP Digital Tengah Dipersiapkan

Hal tersebut terjadi lantaran elongasi antara bulan dan matahari akan lebih kecil ketimbang jumlah dari jari-jari sudut matahari dan jari-jari sudut bulan. Adapun elongasi yakni sudut yang dibentuk oleh posisi planet terhadap matahari dan bumi.

Meski tahun ini masyarakat Indonesia tidak dapat menyaksikan fenomena gerhana ini, tetapi masih ada kesempatan beberapa tahun mendatang. Indonesia baru bisa melihat fenomena ini sepuluh tahun mendatang, tepatnya pada 21 Mei 2031.

Gerhana Matahari Cincin pada 10 tahun mendatang bisa disaksikan di Kalimantan Utara-Timur, Sulawesi, dan Kepulauan Maluku. Gerhana Matahari akan muncul di permukaan bumi sedikitnya 2 kali dalam setahun di tempat dan waktu yang berbeda. meski demikian, tidak ada siklus yang baku soal Gerhana Matahari.

 

 

Penulis : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait