Genjot Ekonomi Kreatif, Pemkot Malang Siapkan Gedung Malang Creative Center 8 Lantai - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
foto ilustrasi: unplash.com
ADV

Genjot Ekonomi Kreatif, Pemkot Malang Siapkan Gedung Malang Creative Center 8 Lantai

Satukanal.com, Malang – Pengangguran tidak tetap Kota Malang menempati posisi tertinggi di Jawa Timur. Kondisi ini memprihatinkan, karena itu Pemerintah Kota Malang akan membangun Malang Creative Center (MCC) senilai Rp100 miliar sebagai jalan keluar. Malang Creative Center ini diharapkan menjadi rumah bersama komunitas dan pelaku ekonomi kreatif .

Walikota Malang Sutiaji mengatakan, terdapat lebih dari 14% penduduk angka usia kerja di Kota Malang adalah pengangguran. Pemkot berupaya mencari solusinya. Situasi pandemi justru menjadi peluang yang memaksa masyarakat lebih melek terhadap digitalisasi. Start-up bisnis digital ini diharapkan dapat menekan angka pengangguran yang ada di Kota Malang.

Walikota Malang Sutiati. (foto: Lutfia/satukanal.com)

Karena itu, Sutiaji memproyeksikan MCC menjadi inkubasi untuk dimanfaatkan komunitas start-up dan juga semua pelaku ekonomi kreatif. “Di MCC ini ada rumah produksinya untuk teman-teman, bagaimana animasi dibangun di sana dan itulah yang akan menjadi kekuatan kita semua. Insyaallah presiden akan meresmikan sendiri,” ungkap Sutiaji usai Malang Digital International Conference di Atria Hotel, Rabu (17/11/2021)

Baca Juga :  Anugerah Insan Budaya Berprestasi, Apresiasi Pelaku Seni dan Budaya Kota Malang

Sutiaji juga menambahkan, di hadapan para pemimpin daerah di Indonesia, Presiden Republik Indonesia menyatakan akan menyerahkan pengembangan bisnis aplikasi dan game di Indonesia kepada Kota Malang. Dengan demikian harapannya pada tahun 2022/2023 mendatang potensi Sumber Daya Manusia yang dimiliki oleh Kota Malang bisa mewujudkan cita-cita Kota Malang Mendunia.

“Teman-teman kemarin di tahun 2020 gamenya sudah dibeli Amerika, animator-animator kita mensuplai Malaysia dan Korea, sebetulnya sudah mendunia tinggal bagaimana itu kita rajut ke dalam sebuah perusahaan kita, sehingga labelisasi kita dapatkan,” lanjut Sutiaji.

Dana sejumlah Rp100 Miliar disiapkan untuk pembangunan Gedung MCC ini, Sutiaji juga menambahkan bahwa Kota Malang sempat mendapatkan bantuan keuangan sebesar Rp10 miliar karena mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sepuluh kali berturut-turut. Dana tersebut rencananya akan diproyeksikan untuk mengisi MCC yang direncanakan pembangunannya sampai delapan lantai termasuk rooftop.

Baca Juga :  Bakesbangpol Kota Malang Bekali Pendidikan Politik bagi Pemuka Agama dan Tokoh Masyarakat

Menurut M. Sailendra, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang, terdapat 17 subsektor yang diundang untuk menyampaikan kebutuhan, masukan, dan aspirasinya untuk memaksimalkan kebermanfaatan dari MCC.

“Perguruan tinggi juga kita undang, seperti UB, ITS, dan UM itu ingin juga kontribusi meramaikan atau juga memanfaatkan MCC ini. Perkuliahan kan tidak hanya teori saja, namun dari lapangan juga butuh, jadi MCC ini semacam laboratorium atau tempat galeri,” ujar Sailendra. (Adv)

Kanal Terkait