SATUKANAL.COM
Smart City
BERITA STRAIGHT NEWS

Gencar Menuju Smart City, Pemkot Siapkan Reward dan Punishment Bagi OPD

Satukanal.com – Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dalam mewujudkan Smart City sudah semakin gencar diseriusi. Bahkan, Wali Kota Malang Sutiaji mewanti-wanti bagi semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk ikut terlibat dalam penerapannya kedepan tanpa terkecuali.

Pihaknya juga menyiapkan reward dan punishment atau hukuman bagi OPD, sehingga bagi yang tidak ikut menerapkan Smart City maka mendapat hukuman khusus yang akan diberikan.

“Ini saya kira merupakan hal yang wajar, di dalam kehidupan memang perlu adanya reward dan punishment,” ungkap Sutiaji.

Masih belum dijabarkan reward apa yang akan diberikan bagi OPD yang menerapkan Smart City dan yang terbaik. Sedangkan untuk punishment-nya karena OPD tidak menerapkan Smart City atau menunjukkan kinerja yang menurun, ia menjelaskan akan menyiapkan rompi khusus.

Baca Juga :  WCC Dian Mutiara Lakukan Penyuluhan Penanganan Permasalahan Kekerasan Perempuan dan Anak

Nantinya, rencana pemberian punishment juga akan dibuat dalam bentuk Peraturan Wali Kota Malang (Perwali). “Penilaiannya nanti akan dilakukan dengan berbasis sistem, sebagai salah satu efek jera. Jadi kalau mereka tidak menerapkan atau kinerjanya menurun, ketika apel mereka harus mengenakan rompi khusus yang akan kita siapkan,” imbuhnya.

Hingga kini, menuju penerapan Smart City yang rencananya bakal dimulai pada awal 2020 mendatang para OPD tengah mulai melakukan Bimtek (Bimbingan teknologi) Roadmap Smart City. Dalam kegiatan inilah, pria yang akrab disapa Aji ini mengharapkan nantinya e-transparancy dan e-government bisa terlaksana dalam memberikan pelayanan terbaik terhadap publik.

Baca Juga :  Kerjasama WCC Dian Mutiara dan Kelurahan Gadingkasri dalam Penyuluhan Penanganan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak

“Melalui kegiatan ini, seluruh OPD harus memiliki kerangka pikir dengan sistem smart city yang akan memberikan kemudahan. Sehingga e-transparancy dan e-government bisa terlaksana dengan baik dan memberikan pelayanan maksimal terhadap publik ini,” pungkas nya.

Kanal Terkait