Gempa Kabupaten Blitar Dimutakhirkan Menjadi 5,9 Magnitudo - satukanal
SATUKANAL.COM
Gempa 6.2 Magnitudo Guncang Blitar, Terasa Hingga NTB
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Gempa Kabupaten Blitar Dimutakhirkan Menjadi 5,9 Magnitudo

Satukanal.com, Blitar Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengupdate kekuatan gempa yang terjadi di tenggara Kabupaten Blitar menjadi  5,9 magnitudo. Kekuatan itu berubah dari yang sebelumnya 6,2 magnitudo.

Hal tersebut dinyatakan oleh Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam sebuah press rilis yang dilakukan secara daring malam ini Jumat, 21 Mai 2021.

“Hasil info pendahuluan yang disampaikan BMKG berkekuatan 6,2 dan dimutakhirkan menjadi 5,9, dan berlokasi di laut pada jarak kurang lebih 57 meter di tenggara Kabupaten Blitar,” Jelas Dwikorita, Jumat 21 Mei 2021.

Baca Juga :  Manajemen Persik Kediri Tak Punya Target Juara Liga

Dia juga mengatakan, gempa bumi yang terjadi hari ini di analisis berkekuatan menengah, dan tidak berpotensi tsunami.

Menurut Dwikora gempa terjadi disebabkan pergeseran subduksi lempeng indo-autralia yang menunjang dibawah euro asia, hasil evaluasi dari BMKG bahwa gempa tersebut memiliki mekanisme sesarnaik kombinasi geser.

“Guncangan di Kabupaten Blitar dapat dirasakan oleh orang banyak, menyebabkan grabah pecah, barang besar tampak bergoyang, apabila lonceng bergerak akan berhenti,” katanya.

Baca Juga :  Tetap Berusaha Kembalikan Prasasti Sangguran

Ia melanjutkan, getaran gempa juga terasa hingga di banyak daerah antara lain Karangkates, Sawahan, Ngajuk, Lumajang, Tulungagung, Malang, Pasuruan, Ponorogo, Mataram, Trenggalek, Pacitan, Bantul, Sleman, Kulonprogo, Pacitan, Kuta, Denpasar, Gianyar, Lombok Barat, Ngawi, Tabanan, Pasuruan, Wonogiri, Klaten, Lombok Tengah, Surabaya, Purworejo, Karangasem.

“Rekomendasi warga agar tetap tenang dan menghindari bangunan yang sudah tidak layak. Jangan termakan berita hoax dan pastikan informasi resmi dari BMKG,” tukasnya.

 

Penulis: Ubaidhillah

Kanal Terkait