Gempa Bumi 3.0 SR di Mojokerto, Warga Rasakan Getaran - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Gempa Bumi 3.0 SR di Mojokerto, Warga Rasakan Getaran
Petugas mengecek lokasi gempa (Foto: Hermansyah/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Gempa Bumi 3.0 SR di Mojokerto, Warga Rasakan Getaran

Satukanal.com, Mojokerto – Guncangan gempa bumi berkekuatan 3.0 SR terjadi di Dusun Losari, Desa Bleberan, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Senin (27/9/2022).

Data yang dihimpun, gempa terjadi sekitar pukul 06.47 WIB, berlangsung selama 2-3 detik berpusat di lahan perkebunan jagung milik warga setempat.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Ludfi Ariyono mengatakan, Tim dari BPBD Kabupaten Mojokerto mendapat laporan informasi kejadian via WhatsApp, kemudian menuju ke lokasi untuk melakukan assasement.

“Berdasarkan dari keterangan warga setempat, merasakan getaran gempa dengan durasi yang berlangsung antara 2-3 detik. Gempa tersebut berpusat berada di lahan jagung milik Kepala Dusun Lasari, Mujib,” katanya.

Meski warga sempat merasakan guncangan, kata Ludfi,  namun tidak berdampak pada kerusakan bangunan di sekitar.

“Tim BPBD Kabupaten Mojokerto, BPBD Jawa Timur, dan Polsek Jatirejo bersama melaksanakan pengecekan terhadap beberapa bangunan yang ada di sekitar lokasi gempa, namun tidak ditemukan adanya kerusakan,” ujarnya.

Selanjutnya, pihaknya akan berkoordinasi dan melakukan pengecekan titik pusat gempa sesuai titik koordinat yang di update oleh BMKG dan memetakan titik daerah yang rawan terjadi bencana.

“Kami akan memetakan lokasi yang rawan benacana, kalau banjir sudah kita petakan. Sedangkan, untuk sungai-sungai terdapat tumpukan sampah sudah kita koordinaskan dengan DPUPR agar segara ditindak lanjuti,” jelas Ludfi.

Atas kejadian ini, ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan selalu waspada.  “Kita imbau masyarakat tetap tenang, nanti jika ada potensi terjadi bencana pasti kita informasikan lebih dini,” imbuhnya.

 

Baca Juga :  Kabupaten Jombang Kejar Target Herd Immunity

 

Pewarta : Hermansyah
Editor : Adinda

    Kanal Terkait