Gempa Akan Terus Terjadi di Kabupaten Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Gempa Akan Terus Terjadi di Kabupaten Malang
BERITA HIGHLIGHT

Gempa Akan Terus Terjadi di Kabupaten Malang

Satukanal.com, Malang – Pasca adanya gempa berkekuatan 6,1 Skala Richter (SR) tanggal 10 April lalu, ada beberapa gempa susulan yang terjadi. Namun, karena skalanya yang hanya berkisar 1 hingga 4 SR, gempa tersebut tidak begitu terasa. Tapi, sampai kapankah gempa akan berlangsung?

Stasiun Geofisika BMKG Pasuruan mengungkapkan jika gempa bumi di Kabupaten Malang akan terus terjadi. Alasannya, daerah selatan Jawa Timur merupakan zona tumbukan lempeng bumi.

“Karena itulah gempa akan terus terjadi di selatan Malang. Zona tumbukan lempeng adalah sumber gempa bumi,” jelasnya hari ini (13/4).

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala BMKG Stasiun Karangkates, Mamuri. Ia mengatakan kejadian gempa memang masih sering terjadi di Wilayah Malang Raya. Terutama daerah Pantai Malang Selatan yang merupakan pertemuan dari lempeng Indo-Australia dan Eurasia.

Baca Juga :  Ramadhan 2021 Diskon Pajak Kendaraan Berlaku Hingga 24 Juni, Jangan Terlewat!

Bahkan menurutnya, kejadian gempa kerap terjadi setiap hari di area Malang Selatan. Namun, getarannya tak sampai dirasakan oleh warga.

Mamuri mencatat, dalam sebulan ada sekitar 50 kali gempa kecil di Pantai Malang Selatan. ”Memang sering terjadi, tak dapat terprediksi dan kekuatan gempa yang kecil itu juga tak sampai dirasakan oleh warga,” sambungnya.

Ia menghimbau kepada warga untuk waspada dengan potensi gempa susulan dengan kekuatan besar. Terutama untuk warga yang sedang berkegiatan maupun bekerja di gedung bertingkat. “Masyarakat tidak boleh panik. Lalu pakai tangga darurat untuk segera turun,” imbaunya.

Baca Juga :  Lakukan Penyekatan Guna Pengendalian Transportasi

Sebagai tambahan informasi, terdapat sepuluh kecamatan terdampak gempa besar beberapa hari lalu. Yakni Poncokusumo, Jabung, Wajak, Turen, Dampit, Bantur, Kalipare, Pagelaran, Donomulyo dan Sumber Manjing Wetan.

Mereka mengalami kerugian materil dan beberapa rumah roboh. Bantuan sudah mulai berdatangan dari dalam maupun luar daerah.

 

 

 

 

Pewarta : Wildan Agta Affirdausy
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait