Gelaran APEKSI Selesai, Ini Rekomendasi Di Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Gelaran APEKSI Selesai, Ini Rekomendasi Di Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup

Satuchannel.com, Kota Malang – Gelaran Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) telah ditutup Kamis (20/7) oleh Presiden Joko Widodo. Gelaran yang berlangsung sejak Selasa (18/7) ini menghasilkan sejumlah rekomendasi di berbagai bidang bagi pemerintah pusat, salah satunya bidang tata ruang dan lingkungan hidup.

Menurut Ketua Dewan Pengurus Apeksi, Airin Rachmi Diany rekomendasi di bidang tata ruang dan lingkungan hidup terdiri dari 4 poin.

“Pertama peningkatan kualitas lingkungan dengan pendekatan budaya atau gerakan Eco culture City. Kedua, penataan dan perlindungan kawasan aliran sungai serta danau untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengembangan daerah tujuan objek wisata di Indonesia perlu mendapat dukungan dari pemerintah pusat.” ujar perempuan yang menjabat Walikota Tangerang Selatan ini.

Jajaran peserta APEKSI 2017 (Iqbal)

Di poin berikutnya, pengelolaan sampah nasional, khusus pengelolaan sampah di pantai dan laut harus dilaksanakan dengan bergotong royong antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dengan melibatkan dunia usaha, dunia pendidikan dan masyarakat. Kampanye, diseminasi informasi, serta penyampaian edukasi kepada masyarakat harus terus dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam mengelola sampah mulai dari sumbernya.

Poin terakhir atau keempat yakni perlu peningkatan komitmen yang kuat, baik dari pemerintah, dunia usaha dan masyarakat. Pemerintah Nasional harus siap bekerjasama dengan para pelaku usaha dan masyarakat untuk membangun komitmen bersama dalam mengurangi sampah plastik yang terbukti sudah mencemari dan merusak lingkungan. (Iqb / Ars)

Kanal Terkait