Gelaran Acara EVALIA Award 2020, Perpustakaan UB Raih Juara 3 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Gelaran Acara EVALIA Award 2020, Perpustakaan UB Raih Juara 3
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Gelaran Acara EVALIA Award 2020, Perpustakaan UB Raih Juara 3

SATUKANAL.com, MALANG – Perpustakaan Universitas Brawijaya (UB) berhasil meraih juara ketiga pada gelaran acara East Java Academic Library Innovation Award (EVALIA) yang diselenggarakan oleh FPPTI (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Indonesia) Jawa timur.

Acara yang diselenggarakan secara online melalui media zoom ini, turut mendatangkan beberapa juri guna memberikan penilaian dari para peserta. Adapun yang menjadi juri dalam event ini adalah para pustakawan senior, salah satunya Ibu Welmin Sunyi Ariningsih, M.Lib.

Acara penghargaan EVALA (East Java Academic Library Award) dan EVALIA (East Java Academic Librarian Innovation Award) telah di langsungkan sejak tahun 2017 lalu. EVALA merupakan suatu ajang pemilihan pustakawan berprestasi tingkat perguruan tinggi yang ada di wilayah Jawa Timur.

Sedangkan EVALIA merupakan salah satu ajang apresiasi kepada perpustakaan yang tetap bisa berinovasi dan kreatif dalam penyelenggaraan perpustakaan baik di masa pandemi dan di era new normal.

Pada gelaran acara EVALA dan EVALIA di tahun 2020 ini, pihak Perpustakaan UB mengirimkan dua perwakilannya yakni Maria Desi Swista Dewi, S.Pd., S.Hum dengan inovasinya yang berjudul, Inovasi Layanan Perpustakaan Brawijaya di Masa Pandemi Covid-19 dan Prayoga Rizki Wikandani, SAP dengan karya ilmiah berjudul Eksistensi Perpustakaan Brawijaya dengan Penerapan System Layanan Online di Masa New Normal.

Dimasa pandemi Covid-19 seperti ini, beberapa inovasi-inovasi sangat dibutuhkan agar kebutuhan tetap terpenuhi dan tetap dapat berjalan dengan normal. Demikian pula dengan Perpustakaan UB, banyak inovasi yang telah diterapkan antara lain, peminjaman buku online, bebas pustaka online, serah simpan tugas akhir online, akses e-book dan e-jurnal menggunakan SSO RemoteXs, pelatihan literasi informasi online, layanan request file repository, sosial media dan WA hotline.

Baca Juga :  Mulai Tahun 2021 Ini, Kemensos RI Resmi Hentikan Santunan Kematian Akibat Covid-19

Sehingga, dengan adanya inovasi-inovasi dimasa pandemi yang telah diciptakan oleh Perpustakaan UB dan telah meraih juara ketiga pada ajang EVALIA ini, diharapkan dapat bermanfaat dengan sebaik-baiknya. Adapun juara pertama dan kedua dalam kategori tersebut, masing-masing diraih oleh Universitas Ciputra dan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Dikutip pada laman resmi UB Kepala Perpustakaan Johan C Noor menyampaikan bahwa, “Di masa pandemi ini peran perpustakaan sebagai pusat informasi dan ilmu pengetahuan bagi masyarakat harus tetap berjalan seperti sebelum ada pandemi. Para pustakawan dituntut untuk menggali berbagai hal yang berkaitan dengan sumber-sumber informasi, layanan, dan strategi agar bisa memenuhi kebutuhan dan memuaskan para pemustakanya,”Ujarnya.

Baca Juga :  Agroekoteknologi UB Punya Kuota Terbanyak di SNMPTN 2021, Ini Ulasannya

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait