Gelar Seri Kelas Keuangan UKM Kreatif, Bekraf Bimbing 100 pelaku UKM kreatif Kota Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Gelar Seri Kelas Keuangan UKM Kreatif, Bekraf Bimbing 100 pelaku UKM kreatif Kota Malang

Satuchannel.com, Kota Malang – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) resmi menggelar Seri Kelas Keuangan (SKK) UKM Kreatif dengan mengusung tema “‘Permodalan dan Pengelolaan Keuangan Syariah UKM Kreatif” yang diikuti 100 orang peserta yang berasal dari pelaku UKM kreatif di Sekitar Kota Malang, Senin (17/7). Acara yang digelar di Hall Room Ijen Suites Hotel ini merupakan acara yang kesekian kalinya diinisiasi Bekraf setelah tahun sebelumnya, berhasil memberikan bimbingan teknis kepada 800 orang pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kreatif terkait akses permodalan perbankan.

Terkait hal ini, Restog K. Kusuma, selaku Direktur Akses Perbankan Bekraf menjelaskan bila kegiatan ini berangkat atas kesadaran adanya problem UKM kreatif yang membutuhkan pengetahuan terkait sumber pembiayaan perbankan syariah dan cara mengakses pembiayaan tersebut untuk mengembangkan usaha mereka. Maka dari itu, pada SKK UKM Kreatif ini Bekraf bermaksud memberikan pelatihan permodalan, perencanaan bisnis serta pengelolaan keuangan terkait akses perbankan syariah.

Acara Bekraf (Iqbal)

“Bekraf memfasilitasi 100 pelaku UKM kreatif Malang untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam hal tata kelola bisnis dan keuangan, sehingga mereka bisa akses pembiayaan perbankan syariah,” tutur Restog.

Selain itu, melalui kegiatan ini Bekraf bertujuan memberikan pemahaman peserta kegiatan terkait cara mengelola keuangan pribadi dan usaha, sistem perbankan serta permodalan syariah, dasar membuat kerangka usaha yang baik dan pembuatan laporan keuangan.

“Harapannya, dengan pelatihan ini para pelaku bisa lebih masuk dalam kriteria per bankan,” ucap Pria berkacamata tersebut.

Adapun, pada kegiatan ini, Bekraf juga menghadirkan sejumlah pemateri yang kapabel dalam bidangnya. Salah satu dari itu ialah Anggota Komisi X DPR RI, Ir.H.M. Ridwan Hisjam yang berkapasitas untuk menjelaskan peran legislatif dalam pengembangan ekonomi kreatif kepada para peserta.

Bekraf kembangkan UKM (Iqbal)

Politisi Partai Golkar itu menuturkan, bahwa dalam perekonomian negara, peran UKM sangatlah vital. Terbukti bahwa dalam keadaan negara yang kolaps pada tahun 1998 dulu, UKM adalah bagian dari perekonomian kita yang masih dapat bertahan. Untuk itu, melalui dirinya, Komisi X DPR RI sangat mendorong kegiatan untuk mengembangkan pelaku UKM seperti ini.

“Kami di komisi X memberikan dukungan terbaik pada Berkraf. Harapannya dengan ini bisa meningkatkan kualitas para pelaku UKM yang masih muda yang biasanya masih membutuhkan tuntunan pengalaman. Ekonomi kreatif memang sudah semestinya didorong oleh pemerintah dalam hal ini legislatif untuk menjadi basic perekonomian Indonesia,” tutur pria yang juga menjadi Komisaris Utama Jatim Ventura, sebuah lembaga modal keuangan yang berkantor di Kota Surabaya itu.

Sementara itu, kegiatan yang rencana digelar hingga 18 Juli besok itu juga mendatangkan perwakilan Bank Rakyat lndonesi (BRI) Syariah untuk memberitahukan permodalan dan pembiayaan perbankan syar’iah dan perwakilan Bank Indonesia. Pihak penyelenggara berharap, melalui kegiatan ini, dapat memberikan banyak manfaat penting bagi para pelaku UKM kreatif. (Iqb)

Kanal Terkait