Gelar Pra Musrenbang RKPD, Erik Singgung Akses Pendidikan Hingga Infrastruktur - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Gelar Pra Musrenbang RKPD, Erik Singgung Akses Pendidikan Hingga Infrastruktur

Badan Perencanaan, Pengembangan, dan Penelitian (Barenlitbang) Kota Malang gelar Pra Musrenbang RKPD Kota Malang Tahun 2020, Rabu (20/3/2019). Dalam kesempatan itu, sederet usulan yang sebelumnya masuk dalam Musrenbang tingkat kelurahan dan kecamatan hingga Musrenbang tematik dibahas secara gamblang.

“Dalam kesempatan ini beberapa usulan yang sudah masuk dipaparkan dan disebutkan mana saja yang bisa direalisasikan dan tidak untuk 2020,” kata Kepala Barenlitbang Kota Malang, Erik Setyo Santoso saat membuka kegiatan Pra Musrenbang RKPD Kota Malang Tahun 2020 di Hotel Savana, Rabu (20/3/2019).

Erik menjelaskan, sederet usulan yang sudah masuk memiliki alasan tersendiri untuk dapat direalisasikan dan tidak. Alasan utama untuk bisa direalisasikan adalah ketika usulan tersebut sesuai dengan RPJMD 2018-2023 yang saat ini masih dalam proses. Selain itu harus menyesuaikan pula dengan kemampuan keuangan daerah.

Baca Juga :  Peringati Hari Batik, KBP Kota Malang Gelar Festival Batik Ken Dedes

“Usulan program kegiatan kita ini nantinya juga masih akan dievaluasi lagi oleh Pemprov,” urainya.

Dalam kesempatan itu Erik juga menyampaikan jika rencana pembangunan Kota Malang harus sesuai dengan visi dan misi dari kepala daerah. Diantaranya adalah peningkatan akses layanan pendidikan, kesehatan, pemerataan pendapatan masyarakat, peningkatan investasi, dan peningkatan ekonomi, peningkatan infrastruktur, hingga peningkatan akuntabilitas yang semakin baik dan transparan.

Termasuk kondisi lalu lintas yang terasa semakin padat tentunya diimbangi dengan pertumbuhan ruas jalan yang bisa terdeteksi. Selain itu juga pengembangan sebaran arus lalu lintas serta pengurangan potensi kemacetan.

Baca Juga :  Tunjang Belajar Daring, Dosen Pemerintahan UB Kenalkan Situs Pembelajaran untuk Santri

“Pembangunan secara menyeluruh dan terus melibatkan masyarakat. Karena ketika tidak melibatkan masyarakat maka tidak bisa disebut pembangunan,” jelasnya.

Sementara itu, beberapa perwakilan OPD menyampaikan sederet usulan yang bisa dilaksanakan untuk 2020. Usulan yang masuk dari tingkat kelurahan hingga kecamatan itu akan ditetapkan dalam Musrenbang RKPD yang akan digelar pada Kamis (21/3/2019) besok.

Kegiatan Pra Musrenbang RKPD 2020 yang digelar Barenlitbang tersebut menghadirkan perwakilan dari tingkat kelurahan, kecamatan, hingga perwakilan Musrenbang tematik.

Kanal Terkait