Gelar Paripurna, Wakil Wali Kota Sampaikan Tanggapan Soal kenaikan Gaji Dewan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Sutiaji sampaikan tanggapan (Iqbal)
BERITA

Gelar Paripurna, Wakil Wali Kota Sampaikan Tanggapan Soal kenaikan Gaji Dewan

Satuchannel.com, kota Malang – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang hari menggelar rapat paripurna bersama Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji menggantikan Wali Kota yang berhalangan hadir, untuk penyampaian pendapat wali kota Malang terhadap Raperda prakarsa DPRD Malang. Penyampaian pendapat yang digelar di Ruang Sidang Gedung DPRD mengenai hak administrasi dan keuangan pimpinan dam anggota dewan.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari adanya Peraturan Pemerintah No 18 tahun 2017 tentang Hak Keuangan DPRD. Wakil Walikota Sutiaji yang berkesempatan membacakan pernyataan tersebut.

Baca Juga :  Pemkot Malang Optimis Tembus Target Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Sutiaji sebelumnya mencermati Raperda yang diusulkan legislatif itu. Ia menegaskan ada berapa pasal yang perlu dikoreksi agar sesuai PP No 18 Tahun 2017.

“Perda ini dibangun dan dibentuk sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. Secara umum sudah sesuai PP 18 Tahun 2017, hanya ada beberapa yang perlu untuk dikorelasikan antar pasal,” tuturnya pada awak media usai paripurna.

Ia juga menambahkan, bila pembahasan lebih detail juga harus dilakukan melalui Pansus. Setelah ini kedua pihak, baik legislatif maupun eksekutif akan melibatkan juru taksir dari kalangan akademisi untuk menilai kemampuan keuangan Kota Malang.

Baca Juga :  Harga Buncis Melejit, Kubis Malah Turun Drastis

Pada draft yang sudah dibahas oleh anggota dewan sendiri, belum terdapat nominal maupun prosentasi kenaikan gaji.

Sutiaji usai paripurna, Rabu malam (Iqbal)

“Berapa besaran nominalnya juga belum ada, karena itu perlu juru taksir. Saya juga yakin ini tidak akan membebani keuangan Kota Malang,” pungkasnya.

Targetnya, Raperda ini selesai dan disahkan pada kisaran bulan Agustus mendatang. Dengan begitu, kenaikan gaji DPRD bisa langsung diterapkan tahun ini.(iqb)

Kanal Terkait