Gelar Paripurna, Dewan Nilai Serapan Anggaran Belanja Pemkot Menurun | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Gelar Paripurna, Dewan Nilai Serapan Anggaran Belanja Pemkot Menurun

Satuchannel.com, Kota Malang – DPRD Kota Malang hari ini Jum’at (12/5), menggelar rapat paripurna dalam rangka Penyampaian Laporan Panitia khusus DPRD Kota Malang Terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Malang Tahun anggaran 2016. Pada rapat paripurna ini, pemerintah Kota Malang diwakili oleh Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji.

Pada penyampaiannya, Sekretaris Dewan Bambang Suharijadi diketahui ada penurunan penyerapan anggaran belanja Pemkot, naik langsung dan tidak langsung. Di sisi lain pendapatan Kota Malang memenuhi target sebesar Rp 1,7 Triliun atau 100,33 persen.

Baca Juga :  Tim Satgas Reklame Terapkan Cara Style humble Dan Egaliter, Atasi Pemilik Reklame Guna Sadar Pajak

“Untuk realisasi belanja masih belum sesuai dengan target dan ada pergeseran dari devisit menjadi surplus dibanding tahun sebelumnya,” tutur Bambang

Bambang menambahkan angka realisasi belanja mencerminkan ada kebutuhan masyarakat yang harusnya terpenuhi malah terakomodir atau tertunda.

Selain itu, DPRD menilai melalui Bambang, bahwa laporan pertanggungjawaban yang disampaikan kali ini masih sebatas realisasi saja dan belum menyampaikan hasil sebagaimana yang ditentukan.

Baca Juga :  Ikhtiar Dari Sang Ayah Membuahkan Hasil, Prof. Dr. Moh. Fadli, S.H., M.Hum Raih Gelar Profesor Universitas Brawijaya

“Karena itu keberhasilan dan kegagalan dari pemerintah kota sendiri jadi tidak dapat diukur dengan baik, dan akhirnya dewan jadi kesulitan untuk melakukan fungsinya dalam memberi saran pada pembangunan di tahun selanjutnya,” pungkasnya.

Adapun, untuk menghindari potensi bocornya anggaran, DPRD menilai Pemkot menyampaikan realisasi APBD tahun 2016. Hal itu juga terkait dengan masalah transparansi dan masalah pertanggungjawaban (Iqb)

Kanal Terkait