Gelar Lomba Inovasi TTG, DPMPD Tampung Kreatifitas Tekhnologi Masyarakat di Kabupaten Kediri | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Gelar Lomba Inovasi TTG, DPMPD Tampung Kreatifitas Tekhnologi Masyarakat di Kabupaten Kediri
Lomba Inovasi TTG,di Kabupaten Kediri
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Gelar Lomba Inovasi TTG, DPMPD Tampung Kreatifitas Tekhnologi Masyarakat di Kabupaten Kediri

SATUKANAL.com, KEDIRI – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Kediri, berupaya meningkatkan karya inovasi tekhnologi, dengan menggelar lomba inovasi cipta karya tekhnologi tepat guna (TTG) tingkat kabupaten, Rabu (4/11/2020).

Acara lomba TTG diikuti sebanyak 30 peserta dari masyarakat Kabupaten Kediri. Dan dilaksanakan selama dua hari, pada hari ini sampai besok 5 November 2020, dengan mematuhi protokol kesehatan lengkap, di Aula DPMPD Kabupaten Kediri.

“Ini tahun kali kedua, kemarin tahun 2019. Dan ini kita adakan kembali. Hanya saja dengan situasi yang berbeda, tahun 2020 ini bertepatan dengan pandemi covid-19. Jadi kita tetap mengikuti protokol kesehatan,” kata Kepala Bidang Sosial Budaya, SDA dan TTG, Suharminingsih kepada Satukanal.com, Rabu (4/11/2020).

Baca Juga :  UMK Kabupaten Kediri tahun 2021, Naik 25 Ribu

Disebutkan, untuk peserta berasal dari pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum yang ber-KTP Kabupaten Kediri. Para peserta juga membawa berbagai tema alat inovasi TTG dari berbagai bidang seperti pertanian, UMKM, dan Industri.

Pelaksanaan lomba dilakukan dengan para peserta melakukan pemaparan materi selama 15 menit. Selanjutnya, dilakukan praktek uji coba pada masing-masing alat.

Untuk hadiah, Suharminingsih juga mengungkapkan akan melihat semua potensi yang menurutnya dapat dikembangkan. Nantinya, akan dilakukan pembelian kepada alat yang berpotensi tersebut sebesar biaya yang dikeluarkan oleh peserta.

“Hadiahnya lebih besar dari tahun kemarin, yakni dengan total 40 juta rupiah untuk 6 juara, dan yang untuk jumlah peserta lain sebanyak 24 peserta tidak mendapat juara. Masing-masing menerima 1 juta rupiah,” terangnya.

Baca Juga :  Bupati Kediri Mengapresiasi Inovasi Pelaku UKM, Berbahan Dasar Pelepah Pohon Pisang

Maryono, sebagai salah satu peserta asal Desa Papar Kabupaten Kediri, mengaku sangat senang ikut berpartisipasi dalam perlombaan inovasi TTG yang diadakan oleh DPMPD tersebut.

Lewat pemaparannya, ia membawa alat ciptaannya bernama Alat Pupuk Kering Vera, yang digunakan untuk memupuk segala tanaman seperti jagung, padi, dan holtikultura dengan biaya produksi hanya sebesar 400 ribu.

“Alhamdulillah sangat bagus, karena teman-teman yang kreatif bisa tersalurkan ke lomba ini,” pungkasnya. (adv)

Kanal Terkait