Geger Telur Palsu di Kediri, Ternyata Salah Penyimpanan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Geger Telur Palsu di Kediri, Ternyata Salah Penyimpanan
Kanal Straight Kanal Viral

Geger Telur Palsu di Kediri, Ternyata Salah Penyimpanan

Satukanal.com, Kediri – Masyarakat Kota Kediri pada Minggu, 16 Mei 2021 dihebohkan dengan video telur ayam konsumsi yang mengeras usai dimasukkan ke dalam lemari es. Dalam kasus tersebut, polisi segera bertindak dan mengklarifikasi kebenarannya. Berdasarkan hasil pemeriksaan di laboratorium, telur ayam tersebut dinyatakan asli.

“Telur bisa sampai menjadi gel dan bertekstur keras seperti pada video yang diunggah, lantaran terjadi kesalahan pada penyimpanan bersuhu rendah di dalam lemari es,” jelas Iptu Girindra, Kasat Reskrim Polres Kediri Kota, saat konferensi pers di Mako Polresta Kediri, Selasa 18 Mei 2021.

Iptu Girindra Wardana mengungkapkan, dalam penyelidikan dugaan telur palsu ini, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispertan). Dispertan melakukan uji lab. Hasilnya mendapati jika telur tersebut asli setelah melihat dari sejumlah aspek kandungan isi telur.

Girindra menegaskan, dalam kejadian ini kepolisian tidak menetapkan adanya tersangka. Pihak yang bersangkutan dalam video telah melakukan klarifikasi permintaan maaf yang sudah diunggah dalam media sosial. Kedua belah pihak saling menerima.

Baca Juga :  Mantan Striker PSIS Ikuti Seleksi Pemain Persik

“Jadi dalam kejadian ini tidak ada tersangka. Mereka (pengunggah video) cukup dengan melakukan klarifikasi permintaan maaf, dengan mengunggah video,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, warga Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Kota, Kota Kediri, Jawa Timur, dihebohkan dengan sebaran video yang menggambarkan seorang emak-emak inisial LA, disebut menemukan telur ayam yang diduga palsu.

Telur-telur yang terlihat di video tersebut dalam kondisi pecah, dan isinya terlihat kental mirip jel. Ada juga telur lainnya setelah dibuka bertekstur keras, bahkan sampai-sampai dalam vidio itu terlihat telur-telur tersebut dapat diiris menggunakan sebilah pisau.

Dalam video tersebut Linda kaget begitu mendapati telur yang dibelinya di pedagang kaki lima tersebut membeku setelah dikeluarkan dari lemari pendingin. Selain cangkang telur yang keras dan sulit pecah saat akan dimasak.

Baca Juga :  McDonald's di Kediri Mall Ditutup Polisi

Pengunggah Video Meminta Maaf

Pengunggah video telur palsu yang sempat viral di media sosial maupun aplikasi perpesan akhirnya meminta maaf. Permintaan maaf tersebut diungkapkan secara langsung melalui beberapa akun media sosial.

“Kami meminta maaf atas beredarnya video telur yang dikatakan palsu, karena kami orang awam dan sempat panik,” jelas Linda Agustini dalam video yang dibuat.

Linda mengatakan, dalam kasus tersebut pihaknya mengaku telah melapor ke Dispertan dan mendapatkan jawaban atas laporannya bahwa telur tersebut adalah asli.

“Sekali lagi mungkin ada ucap atau kalimat yang salah ngomong tentang telur palsu. Ternyata setelah kami konfirmasi ke dinas terkait ternyata alhamdulillah telurnya asli keluar dari ayam,” tukasnya.

 

 

 

Penulis : Anis Firmansyah
Editor : Ubaidhillah 

Kanal Terkait