Gegara Pecel Puluhan Ribu, Pemkot Kediri Keluarkan SK Harga Jual -
SATUKANAL.COM
Gegara Pecel Puluhan Ribu, Pemkot Kediri Keluarkan SK Harga Jual
Penjual Nasi Pecel dan Tumpang di Jalan Dhoho, Kota Kediri /Foto : Istimewa
BERITA Kanal Viral

Gegara Pecel Puluhan Ribu, Pemkot Kediri Keluarkan SK Harga Jual

Satukanal.com, Kediri – Pedagang nasi pecel dan tumpang di sekitar Jalan Doho, Kota Kediri dalam waktu dekat akan diwajibkan mencantumkan harga jual. Itu setelah adanya video viral yang mengunggah harga nasi pecel yang jauh lebih mahal dari biasanya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri, Tanto Winjohari mengatakan, aturan mencantumkan harga jual kali ini tidak hanya bersifat lisan saja, namun akan dicantumkan dalam Surat Keputusan dari Pemerintah Kota Kediri.

“Penerbitan SK akan dilakukan untuk mengatur tata cara penjualan agar nantinya tidak terjadi kegaduhan dikemudian hari,” ungkap Tanto, Rabu 19 Mei 2021.

Baca Juga :  Panglima TNI dan Kapolri Cek Penanganan Covid-19 di Kabupaten Kediri

Namun sebelum diterbitkan, pemerintah akan membuat dasar hukum sebagai landasan sebelum dikeluarkan.

Selain itu, pemerintah juga telah melakukan inspeksi mendadak dan berkomunikasi dengan kelompok pedagang. Dalam sidak dan pertemuan itu disepakati untuk mencantumkan harga di daftar menu, sehingga bisa dilihat pembeli sebelum melakukan pemesanan makanan.

“Setelah ada SK, kemungkinan besar tidak hanya pedagang di Jalan Dhoho saja yang harus mencantumkan harga, tetapi semua pedagang di Kota Kediri,” jelasnya.

Baca Juga :  Beredar Isu Telur Palsu China DKPP: Tidak Bisa Masuk Pasar

Seperti diketahui sebelumnya, terdapat keluhan viral di media sosial mahalnya harga nasi pecel tumpang yang dipatok dengan harga Rp 45.000. Dengan daftar pesanan dua porsi nasi pecel tumpang, ditambah lauk telur.

Akibat keluhan di media sosial tersebut salah satu pedagang yang mematok harga normal merasakan imbasnya. “Kalau sudah ada SK bisa berlaku untuk semua pedagang di Kota Kediri,” pungkasnya.

 

 

 

Penulis : Anis Firmansyah
Editor : Ubaidhillah

Kanal Terkait