SATUKANAL.COM
Gatot Sarworubedo
BERITA STRAIGHT NEWS

Gatot Sarworubedo Gagal Pimpin Komisi A, Anggota Sepakat Pilih Nur Fadilah

Satukanal.com – Dari empat komisi yang ada di DPRD Lumajang, hanya satu komisi saja yang tidak dipilih secara aklamasi. Pemilihan Ketua Komisi C, B dan D dengan cepat selesai memilih ketua, karena proses pemilihan sesuai dengan komitmen parpol.

Pada komisi A yang awalnya menjadi jatah dari Partai Gerindra, dimana partai tersebut telah yang telah menunjuk kadernya, yakni Gatot Sarworubedo, akhirnya gagal menempati posisi Ketua komisi A setelah lebih dari 80 persen anggota komisi tersebut menghendaki pemilihan melalui voting tertutup.

Sempat terjadi  adu argumentasi antara pimpinan DPRD Lumajang dengan sejumlah anggota, terkait proses pemilihan. Namun akhirnya sekretaris DPRD Lumajang menyediakan kertas kosong kepada seluruh anggota untuk memilih nama calon untuk Ketua Komisi A.

Tampak beberapa kali Ketua DPRD Lumajang H. Anang Achmad Syaifuddin keluar ruangan untuk menerima telepon, sementara anggita komisi tersebut tetap beradu argumen terkait proses pemilihan.

“Dalam pengertian saya jika anggota yang direkomendasi oleh partai tidak bersedia, baru ditempuh melalui pemungutan suara,” kata Gatot Sarworubedo.

Namun sesuai dengan ketentuan, Ketua Komisi dipilih oleh anggota, sehingga mekanisme tersebut kemudian menjadi pilihan jalan tengah dalam memutuskan pimpinan komisi A.

“Dalam voting tadi Pak Gatot mendapatkan 3 suara, yang lain menghendaki Bu Nur Fadilah sebagai Ketua Komisi A,” kata salah seorang anggota begitu keluar dari ruang Komisi A.

Pemilihan Ketua-ketua Komisi dipimpin langsung oleh empat pimpinan DPRD, yang dimulai dari Komisi B, Komisi D, Komisi C dan terakhir Komisi A.

Kanal Terkait