Garda Terdepan Lawan Covid-19, Jombang Siapkan Isoter Khusus Tenaga Kesehatan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Dipindah Bertahap, Ratusan Pasien Isoman di Jombang Masih Bertahan
Isoter Kabupaten jombang (Foto: anggit puji/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Garda Terdepan Lawan Covid-19, Jombang Siapkan Isoter Khusus Tenaga Kesehatan

Satukanal.com, Jombang Sebagai garda terdepan dalam perang melawan Covid-19, tenaga kesehatan menjadi kelompok paling rentan terserang virus Covid-19. Di Kabupaten Jombang, banyak tenaga kesehatan (nakes) harus menjalani isolasi mandiri karena terpapar virus ini. Salah satunya, nakes di RSUD Jombang. Jumlah nakes yang isoman menurun, meski masih cukup tinggi.

“Minggu lalu ada 60-an nakes yang isoman. Saat ini jumlah sekitar 40-an nakes,” ucap dr Pudji Umbaran, Direktur RSUD Jombang saat dikonfimasi wartawan pada Jumat (13/8/2021).

Meski sebagian nakes sudah kembali aktif bekerja. Nakes yang masih menjalani isoman masih tetap dipantau oleh pihak RSUD Jombang. Baik pengawasan secara dekat, maupun pengawasan jarak jauh. Pudji juga mengatakan, tingkat kesembuhan juga tinggi. “Pengawasan tetap dilakukan. Angka kesembuhan juga tinggi,” ungkapnya.

Baca Juga :  JIAD Jombang Kutuk Keras Pembakaran Masjid Ahmadiyyah di Sintang Kalimantan Barat

Kemudian, untuk menunjang pelayanan, pihak RSUD Jombang juga menyiapkan ruang isolasi terpadu khusus bagi nakes. Namun, untuk saat ini rencana tersebut masih belum realisasi dan terus digodok.

“Persiapannya memang membutuhkan waktu, sehingga saat ini memang belum selesai. Proses saat ini masih dilakukan penataan sarana dan prasarana seperti kamar mandi dan bed bagi nakes laki-laki dan perempuan,” jelasnya.

Disinggung soal isolasi terpusat (Isoter) untuk nakes yang belum dilakukan, ia menjawab masih melihat situasi. Karena rumah sehat di setiap kecamatan, penggunaanya juga belum maksimal. “Masih melihat situasi, paling penting kita sudah mempersiapkan,” pungkasnya.

Baca Juga :  Tingkatkan Kualitas Kerja Para ASN, Pemkab Blitar Lakukan Mutasi 58 Pejabat

Untuk diketahui, sebelumnya tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Jombang yang sebelumnya terpapar Covid 19 dan sempat membuat pelayanan di RSUD Jombang terkendala, kini sebagian sudah sembuh. Nakes disiapkan isolasi terpusat (Isoter).

Kelompok tenaga kesehatan memang paling rentan terinfeksi Covid-19. Data laporcovid19.com, pada 13 Agustus 2021 menyebutkan, 1834 tenaga kesehatan di Indonesia meninggal dunia karena terinfeksi Covid-19. Dari data tersebut, rinciannya ; 640 dokter; , 618 perawat dan 332 bidan. (*)

 

Pewarta : Anggit Puji 
Editor : Danu Sukendro

 

Kanal Terkait