Pemkab Mojokerto Beri Perhatian Khusus Pada Petani Setempat - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pemkab Mojokerto Beri Perhatian Khusus Pada Petani Setempat
Gapokan Tani Harapan panen raya sayuran jenis kangkung (Foto: Pemkab Mojokerto)
BERITA Kanal Straight

Pemkab Mojokerto Beri Perhatian Khusus Pada Petani Setempat

Satukanal.com, Mojokerto – Para petani di Kabupaten Mojokerto merupakan salah satu figur yang dapat menyokong perekonomian dan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Mojokerto. Salah satunya para petani yang tergabung dalam Gapoktan Tani Harapan.

Gapokan Tani Harapan pada Jumat (3/9/2021) lalu telah menggelar panen raya sayuran jenis kangkung. Pada panen raya tersebut turut dihadiri Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati didampingi Teguh Gunarko Kepala Dinas Pertanian, meninjau langsung kegiatan tersebut.

Sebelum panen, beberapa kendala ditemui para petani. Antara lain musim kemarau yang cukup menyulitkan pertanian, ditambah kerusakan DAM Karet Menturus yang menjadi salah satu sumber irigasi pertanian wilayah Kemlagi dan Jetis.

Mengetahui adanya kendala pada proses penanaman para petani, kendala ini secara khusus telah mendapat perhatian dari Pemkab Mojokerto.

Baca Juga :  TMMD ke 112 di Mojokerto, Bupati Minta Pembangunan Non Fisik Lebih Diperhatikan

“Pemerintah sudah mengupayakan (perbaikan DAM Karet Menturus). Hal tersebut segera ditindaklanjuti oleh BBWS Pusat, dengan anggaran tahun 2021. Kita juga cek lokasinya hari ini. Semoga segera beroperasi dengan normal dan bisa mengairi sawah dengan lancar,” ujar Bupati Ikfina.

Selain kendala pengairan pertanian, perbaikan insfrastruktur jalan dari permukiman ke lokasi pertanian juga menjadi harapan yang diinginkan. Permintaan ini kemudian masuk dalam catatan bupati, untuk nantinya dapat diputuskan solusi penanganannya ke depan.

“Terkait Infrastruktur jalan sebagai satu faktor pendukung, akan diupayakan. Itupun harapan kita nantinya tidak hanya untuk dilewati oleh kendaraan petani saja. Tapi juga untuk kendaraan besar yang mengangkut hasil pertanian dalam jumlah lebih besar,” tambah bupati.

Baca Juga :  Bumil Kini Jadi Prioritas Penerima Vaksinasi Pencegahan Covid-19

Sementara itu, Teguh Gunarko Kadis Pertanian, juga sudah merinci angka lahan pertanian yang harus dialiri secara maksimal. “Luas pertanian di Kemlagi dan Jetis kurang lebih 900 ha. Terkait irigasi, pasti kita upayakan cari solusi. Harapan kita, petani bisa panen lebih baik, daya beli masyarakat meningkat dan pertumbuhan ekonomi naik,” terangnya.

Sebagai informasi, panen raya kangkung Desa Kedungsari Kecamatan Kemlagi. Kangkung hasil kerja petani Gapoktan Tani Harapan ini, dipanen sebagai sayuran hijau dan bijinya dijadikan bahan kosmetik.

 

 

Humas Pemkab Mojokerto

Kanal Terkait