Gapeka 2021, Jadwal Perjalanan Lebih Cepat di Stasiun Kediri - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Gapeka 2021, Jadwal Perjalanan Lebih Cepat di Stasiun Kediri
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Gapeka 2021, Jadwal Perjalanan Lebih Cepat di Stasiun Kediri

SATUKANAL.com, KEDIRI Stasiun Kediri, Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun, mulai melakukan penerapan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2021, PT KAI, Rabu (10/2/2021). Hal tersebut berpengaruh terhadap waktu tempuh perjalanan Kereta Api (KA) yang lebih cepat, apabila dibandingkan dengan Gapeka tahun 2019.

Kepala Stasiun Wahyudi Cahyadi, mengatakan Gapeka 2021 dapat memangkas waktu tempuh perjalanan KA jarak jauh, mencapai 1 hingga 2 jam. Sedangkan KA perjalanan lokal, pemangkasan terjadi mencapai setengah jam.

“Gapeka 2021 tertanggal 10 Februari. Untuk stasiun ini sudah dimulai sejak tadi malam jam 00.00 dini hari ,” kata Wahyudi, ke Satukanal.com, Rabu (10/2/2021).

Baca Juga :  Pembaharuan Aturan Vaksinasi Tahap Dua di Kota Kediri

Dengan adanya penetapan Gapeka 2021 tersebut, pihaknya juga melakukan perubahan jadwal pemberangkatan KA terbaru, tertanggal 10 Februari hingga 28 Februari 2021. Perubahan jadwal pemberangkatan terbaru juga telah disampaikan melalui Media Sosial (Medsos) seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Jumlah total perjalanan KA yanh melewati Stasiun Kediri, sebanyak 32 perjalanan. Seperti KA Gajayana, KA Kahuripan, KA Mataremaja, KA Brantas, KA Malabar, dan lain-lain. Serta ada penambahan KA baru, yakni KA Brawijaya, KA Kartanegara, dan perjalanan lokal KA Jalasutera.

“Adanya Gapeka 2021bini, pemangkasan waktu tempuh perjalanan KA. Kedatangan KA di Stasiun, beda dari tahun lalu. Misalnya KA Malabar jam, sebelumnya jam 8.20 dan yang baru bisa 07.20,” jelasnya.

Baca Juga :  Vaksin Sinovac Disetujui Untuk Lansia, Dinkes Kota Kediri Tunggu Juknis

Adanya Gapeka 2021, disebutkan beberapa faktor yang mempengaruhi seperti lintasan Doble Track yang sudah aktif. Sehingga tidak ada lintasan penyilangan yang menyebabkan saling menunggu.

“Ada faktor pengurangan waktu tunggu di stasiun. Misalkan waktu tunggu awal 7 menit, menjadi 4 menit. Seperti Stasiun Besar Madiun, memakan waktu lama harus mengisi air, cek rangkaian, dan lain-lain,” pungkasnya.

 

 
Pewarta: Anis Firmansah
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait