Gandeng Bank BRI, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar Sosialisasi Digitalisasi BUMDes - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Gandeng Bank BRI, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar Sosialisasi Digitalisasi BUMDes
Sosialisasi Digitalisasi BUMdes Blitar (Foto: Gilang Bahtiar/ Satukanal.com)
ADV

Gandeng Bank BRI, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar Sosialisasi Digitalisasi BUMDes

Satukanal.com, Blitar – Dengan menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Blitar, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Blitar menggelar sosialisasi Program Digitalisasi dan Optimalisasi BUMDes di Balai Cokelat Wisata Kampung Cokelat, Kamis (11/11/2021).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Rully Wahyu mengatakan, sekitar 70 BUMDes yang tersebar di desa se-Kabupaten Blitar segera didigitalisasi berbasis ekonomi untuk menjadi bagian dari proses percepatan pemulihan ekonomi.

“Percepatan pemulihan ekonomi dilakukan apabila BUMDes ini masuk pada landscape dan ekosistem digitalisasi secara masif “, ujarnya .

Baca Juga :  Bupati Kediri Ajak Warga, Awasi Kecurangan Seleksi Perangkat Desa

Rully juga menjelaskan era digitalisasi merupakan tantangan yang dihadapi BUMDes sebagai penggerak ekonomi skala desa. Menurutnya, digitalisasi harus mewarnai setiap tahapan perekonomian di desa, mulai penyiapan input, produksi hingga pemasaran.

Ia menambahkan, strategi BUMDes untuk menjawab tantangan tersebut yaitu harus memanfaatkan platform digital dan sosial media untuk memasarkan hasil produknya.

Selain itu, lanjut dia, BUMDes juga harus bekerja sama dengan e-commerce untuk memperluas akses pasar dan mendapatkan fasilitas pelatihan, apalagi hari ini didukung kerjasama dengan BRI.

Baca Juga :  Klenteng Poo An Kiong Blitar Terbakar, 10 Unit Mobil Damkar Dikerahkan

“SDM penggunaan teknologi modern harus benar- benar diterapkan oleh Bumdes agar mampu menciptakan ide-ide kreatif dan inovatif, proses produksi yang melibatkan teknologi atau mesin untuk mempermudah dan mempunyai nilai tambah untuk meningkatkan mutu dan kualitas Bumdes,” pungkasnya.

Seperti demiketahui program digitalisi dan optimalisasi BUMDes di Kabupaten Blitar memang sudah menjadi progam wajib dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi desa seluruh nusantara. (Adv)

 

 

Pewarta : Gilang Bahtiar
Editor : Adinda

Kanal Terkait