Gagal Isi Token Listrik? Ini Solusi dari PLN - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Gagal Isi Token Listrik? Ini Solusi dari PLN
Token listrik (foto: PLN)
BERITA Kanal Straight

Gagal Isi Token Listrik? Ini Solusi dari PLN

Satukanal.com, Nasional – Token listrik merupakan salah satu produk layanan listrik prabayar Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang banyak digunakan masyarakat Indonesia dan menawarkan beberapa kelebihan dibandingkan dengan listrik pascabayar.

Penggunaan listrik prabayar merupakan solusi tepat dan efektif untuk mengurangi resiko adanya kesalahan dalam pencatatan penggunaan listrik. Selain itu, sistem prabayar memungkinkan penggunanya untuk mengontrol pemakaian listrik sehingga bisa lebih hemat dan tepat.

Namun, dibalik kemudahan dalam penggunaan listrik prabayar, ada kalanya token PLN justru gagal terisi sehingga menimbulkan masalah atau error pada aliran listrik. Bagi yang pernah mengalami masalah serupa, berikut solusi dari PLN.

Vice President Komunikasi Korporat PLN Gregorius Adi Trianto menjelaskan, apabila sudah berkali-kali gagal memasukkan token listrik meski nomor sudah benar, maka harus diselidiki oleh unit di wilayah terkait. Dirinya juga menyarankan agar segera menghubungi layanan PLN. Baik melalui aplikasi maupun telepon.

Baca Juga :  Biaya Transfer Antar Bank dari Rp 6.500 Kini Jadi Rp 2.500

Jika token bertuliskan “periksa”, bisa terjadi karena beberapa penyebab seperti:

  • Pengawatan kWh meter terbalik
  • Tutup terminal kWh meter terbuka
  • Ada indikasi penyalahgunaan listrik
  • Ada indikasi gangguan pada instalasi rumah pelanggan.

Jika terjadi masalah tersebut, pelanggan bisa mengajukan aduan melalui PLN Mobile. PLN Mobile dilengkapi fitur Auto Dispatch, sehingga memungkinkan penerusan dan monitor laporan langsung ke petugas teknis terdekat yang tersedia tetapi hanya berlaku di beberapa lokasi.

Baca Juga :  November 2021, 5 Bantuan dari Pemerintah Kembali Cair

Berikut langkah pengaduan melalui PLN Moblie:

  • Apabila belum memiliki aplikasi ini, maka bisa unduh aplikasi PLN Mobile di Google App ataupun App Store
  • Lalu buka aplikasi, kemudian klik menu “Pengaduan”
  • Pilih jenis pengaduan “Keluhan kWh Meter Pasca dan Prabayar”
  • Pada kolom yang disediakan, masukkan ID pelanggan yang mengalami gangguan. Pelanggan dapat memasukkan ID milik sendiri atau nomor meter milik pelanggan lain yang mengalami gangguan
  • Jika tidak mengetahui nomor ID pelanggan, cukup tunjukkan lokasi melalui map yang disediakan. Tentukan lokasi, kemudian klik “Konfirmasi”
  • Selanjutnya, akan mendapat nomor pengaduan dan tinggal menunggu petugas PLN setempat menghubungi.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait