Forum Lalin Rekomendasikan Agar Perwali Jalan Satu Arah Dicabut - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Forum lalu lintas di Balaikota (Iqb)
BERITA

Forum Lalin Rekomendasikan Agar Perwali Jalan Satu Arah Dicabut

Satuchannel.com, Kota Malang – Forum Rekomendasi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan akhrinya merekomendasikan pencabutan Peraturan Wali kota (Perwali) Malang NO 35 tahun 2013, yang mengatur Rekayasa lalu lintas di kawasan Jalan Sumbersari, Jalan Gajayana, Jalan MT Haryono, Jalan DI Panjaitan, dan Jalon Bogor. Hal itu merupakan hasil dari Rapat Koordinasai bersama yang dilakukan hari ini bersama-sama jajaran Dishub, Polrestas Malang, TNI dan sejumlah SKPD terkait di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Rabu (17/6).

Selain rekom tersebut, terdapat sejumlah poin yang disepakati untuk membenahi beberapa rekayasa lalu lintas maupun infrakstruktur penunjang, khususnya yang berada disekitar lingkar Universitas Brawijaya. Beberapa poin tersebut antaranya diperlakukan rekayasa lalu lintas di beberapa jalan dengan memberlakukan jalur dua arah Jalan Sumbersari – Jalan Gajayana, Jalan MT Hariyono – Jalan D.I panjaitan dan Jalan Bogor, Perbaikan geometrik jalan di tikungan pabrik es dan ruas Jalan DI panjaitan, Pembenahan fasilitas Lalin jadi dua arah dan perbaikan drainase di Jalan DI panjaitan dan Jalan Gajayana.

Baca Juga :  9.998 Keluarga Bakal Terima Bantuan Sosial Tunai

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Kusnadi mengatakan bahwa sejumlah poin itu khususnya rekomendasi pencabutan peraturan wali Kota tersebut merupakan hasil dari rangkaian proses panjang diksusi sebelumnya pada forum yang sama di tahun 2015 maupun 2016 lalu.

“Dari proses itu, kini kita sepakati bersama untuk merekomendasikan ke Wali Kota untuk mencabut Perwali  yang mengatur soal satu arah tersebut,” tutur Kusnadi.

Sementara itu, kepala Laboratorium Transportasi dan Penginderaan jauh FT UB, Hendi Bowoputro ST MT sebagai bagian tim akademisi dalam persoalan ini mengatakan keputusan bersama dari forum untuk memberikan rekomendasi agar Wali Kota mencabut soal peraturan yang memberlakukan jalan satu arah di lingkar Brawijaya, yang dulu sempat menjadi polemik

Baca Juga :  Mini Museum Jadi Hadiah HUT ke 34 Arema 

“Untuk alasannya masyarakat memghendaki dua arah. Bukan hanya masyarakat di sekitar situ saja tapi juga seluruh masyarakat Kota Malang,”

Selain menghasilkan beberapa poin tersebut, masih ada sekitar delapan poin lainya yang dihasilkan dari forum tersebut. Beberapa poin itu secara umum menyoal perbaikan infrastruktur, kelayakan jalan, rekayasa arua lalu lintas dan perparkiran. (Iqb)

Kanal Terkait