Forpimda Blitar dan Pemuda Lintas Agama Kunjungi Gereja di Malam Natal | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA STRAIGHT NEWS

Forpimda Blitar dan Pemuda Lintas Agama Kunjungi Gereja di Malam Natal

Para pemuda lintas agama beserta rombongan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kabupaten Blitar mengunjungi sejumlah gereja saat pelaksanaan misa malam Natal, Selasa (24/12/2019) malam. Dalam rombongan tampak perwakilan pemuda dari Ikatan Pelajar NU, Ikatan Pelajar Putri NU, GMNI, PMII, HMI serta tokoh pemuda Konghucu, Budha dan Hindu.

Mereka datang bersama Kapolres Blitar AKBP Budi Hermanto, Dandim 0808 Letkol Inf Kris Bianto dan Bupati Blitar Rijanto. Gereja pertama yang dituju rombongan adalah Gereja Katolik Maria Fatima di Kecamatan Garum.

“Toleransi beragama ini sudah ada sejak dulu. Harus tetap kita pupuk. Untuk itulah hari ini kami mengajak pemuda dan tokoh lintas agama untuk ikut mengunjungi saudara kita yang sedang merayakan Natal. Nanti kalau ada agama lain merayakan hari rayanya kami juga akan ajak umat Nasrani ikut berpartisipasi,” ungkap Bupati Blitar Rijanto.

Sementara Kapolres Blitar AKBP Budi Hermanto mengatakan jika pihaknya tidak akan memberi ruang kepada para pelaku intoleransi. Dibanding melakukan tindakan yang menganggu kekhusyukan pihaknya justru mengimbau untuk ikut serta membantu pengamanan saat Natal dan Tahun Baru.

“Kami tidak akan memberi ruang pada tindakan intoleransi,” tegas Budi Hermanto.

Hal senada diungkapkan Dandim 0808 Letkol Inf Kris Bianto. Pihaknya mengaku terus melalukan pemantauan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perayaan Natal dan Tahun Baru. “Kami berharap semua pihak bisa saling toleransi bersama-sama kita jaga persatuan Bhineka Tunggal Ika,” tutur Kris Bianto.

Kedatangan rombongan Forpimda dan pemuda lintas agama ini disambut hangat jemaat Gereja Katolik Maria Fatima. Bahkan, jemaat yang hadir menjawab dengan kompak salam yang diucapkan bupati di akhir sambutanya.

“Kami sangat senang, bangga dan berbahagia. Pada momen perayaan Natal ini bukan hanya pemerintah tapi saudara kami dari lintas agama ikut hadir,” ungkap Bagyo Ismanto, ketua panitia Misa Natal di Gereja Katolik Maria Fatima.(*)

Kanal Terkait