Fitur Tersembunyi dan Fitur Baru Aplikasi WhatsApp, Mau Coba? - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Fitur Tersembunyi dan Fitur Baru Aplikasi WhatsApp, Mau Coba?
Ilustrasi WhatsApp (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

Fitur Tersembunyi dan Fitur Baru Aplikasi WhatsApp, Mau Coba?

Satukanal.com, NasionalAplikasi media jejaring sosial WhatsApp atau WA mengalami lonjakan pengguna yang sangat fantastis sejak pertama kali diluncurkan. Meski pesaingnya terus bermunculan, banyak pengguna WA yang sepertinya susah untuk berpindah ke lain hati.

Berbagai fitur menarik yang dimilikinya membuat banyak pengguna WA merasa nyaman, termasuk mereka yang tidak terlalu familiar dengan media sosial. Ternyata ada sejumlah fitur menarik dari WhatsApp yang belum banyak diketahui orang-orang. Apa saja? Simak selengkapnya.

1. Mengetahui kontak yang paling sering berkomunikasi

Tidak banyak yang tahu WhatsApp memiliki fitur ini di mana kamu bisa melihat siapa saja teman yang paling sering berkontak. Caranya mengaktifkan fitur ini:

  • Buka WhatsApp
  • Pilih menu settings
  • Pilih data and storage
  • Klik Manage Storage
  • Lihat daftar kontak yang paling sering melakukan kontak WhatsApp dengan kamu
  • Untuk melihat statistik lebih detail kamu bisa klik kontak tersebut

2. Mengganti font tulisan 

Para pengguna WA juga dapat mengganti font pesan dengan mode bold (tebal), italics (miring), atau strikethrough (menambahkan coretan ke teks) dengan cepat. Untuk melakukannya, kamu perlu menambahkan beberapa karakter khusus sebelum dan sesudah teks yang ingin dikirim.

Apabila ingin menebalkan teks di WhatsApp, gunakan tanda bintang (*tebal*). Memiringkan teks dengan garis bawah (_italics_). Dan untuk buat teks coret dengan tilde (~strikethrough~).

3. Menghemat kuota dan memori HP

Ketika banyak grup tiba-tiba kuota kita terkuras dan memori mungkin penuh. Hal itu bisa dikarenakan kiriman foto atau video yang otomatis terunduh di WhatsApp. Kamu bisa menghemat kuota dengan fitur WhatsApp satu ini. Caranya dengan:

  • Buka WhatsApp
  • Klik menu settings
  • Pilih Data and Storage
  • Pada pilihan “Media Auto-Download”, atur masing-masing izin pengunduhan
  • Klik masing-masing dokumen, lalu aktifkan ‘Never’ atau ‘Wi-Fi’
Baca Juga :  Viral! Hujan Guyur Satu Mobil di Cikarang, Ini Penjelasan BMKG

4. Fitur penghapus pesan otomatis 

Fitur baru ini memungkinkan kamu mengaktifkan pesan yang menghilang (karena terhapus) untuk percakapan tertentu. Saat diaktifkan, semua pesan akan hilang dari obrolan setelah tujuh hari secara otomatis.

Kamu tidak perlu repot-repot menghapus pesan-pesan lama yang memenuhi memori ponselmu secara manual. Cara mengaktifkannya dengan:

  • Aktifkan “Pesan yang Menghilang/Disappearing Messages” dengan mengetuk nama kontak atau obrolan di bagian atas layarmu
  • Pilih “Pesan Menghilang/Disappearing Messages” dari daftar opsi
  • Klik “Aktif”

5. Membuat tanda centang biru tidak terlihat

Centang biru merupakan tanda bahwa pesan yang dikirim telah terbaca. Namun, dengan fitur WhatsApp satu ini, kamu bisa membuat si pengirim pesan tidak tahu apakah pesannya telah kamu baca atau belum. Caranya adalah:

  • Buka WhatsApp
  • Klik menu Account
  • Pilih Privacy
  • Matikan ‘Read Receipts’ dengan geser ke kiri

6. Fingerprint unlock 

Fitur fingerprint unlock atau face ID saat ini tersedia di WhatsApp. Cara mengaktifkannya adalah sebagai berikut:

  • Buka Pengaturan di WhatsApp
  • Pilih “Akun”
  • Pilih “Privasi”
  • Pilih buka untuk “Kunci Sidik Jari/fingerprint unlock”
  • Aktifkan opsi dan sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Sementara, terdapat 8 fitur baru yang akan segera dirilis oleh WhatsApp, diantarannya:

1. Fitur Community

Fitur pertama yang kabarnya sedang disiapkan WhatsApp adalah Community atau komunitas. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat grup di dalam grup.

2. Multi-device tanpa internet

Fitur ini sudah mulai digulirkan bagi pengguna beta. Pengguna dapat menggunakan satu akun WhatsApp di empat perangkat sekaligus seperti PC/desktop, smartphone, serta tablet.

3. Durasi tambahan untuk hapus pesan otomatis

Tahun lalu, WhatsApp merilis fitur hapus pesan otomatis. Namun, opsi waktunya masih sangat terbatas, yakni pesan baru akan terhapus otomatis setelah 7 hari pengiriman. Nantinya, akan ada dua opsi waktu yang muncul, yakni 90 hari dan 24 jam.

Baca Juga :  6 Geopark di Indonesia Telah Diakui UNESCO, Ini Daftarnya

4. Fitur reaksi

WhatsApp sedang menyiapkan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk bisa memberikan reaksi untuk chat berupa emoji. Fitur ini kurang lebih mirip dengan reaksi yang ada di Facebook Messenger.

5. Menyembunyikan last seen untuk kontak tertentu

Bagi sebagian orang, mengaktifkan mode last seen memberi rasa ketenangan karena merasa privasinya lebih terjaga. Akan tetapi, saat ini opsi menon-aktifkan last seen akan berlaku untuk seluruh kontak sekaligus.

Menurut bocoran terbaru, WhatsApp sedanng menyiapkan opsi untuk pengaturan last seen agar bisa diaplikasikan untuk kontak tertentu saja. Ada beberapa opsi yang tersedia, yakni semua orang, kontak saya, dan kontak saya kecuali.

6. Fitur cek voice note

Untuk meminimalisir kekeliruan setelah dikirim, WhatsApp kabarnya akan meluncurkan antarmuka/user interface (UI) baru yang memungkinkan pengguna bisa mengecek voice note lebih dulu sebelum mengirimnya.

7. Desain kontak info

WhatsApp sedang menyapkan tata letak baru untuk Kontak Info. Di tampilan baru nantu akan ada tambahan menu chat, audio, dan video. Di bawahnya akan diikuti dengan menu media, dokumen, dan tautan. Tampilannya kira-kira hampir sama dengan Business Info yang ada di akun WhatsApp Business. Ilustrasinya seperti gambar di atas.

8. Fitur peringatan emoji tidak bisa dibuka

Apabila emoji itu tidak bisa dibuka karena satu dan lain hal, seperti versi aplikasi yang belum diperbarui atau ada kendala lain, maka WhatsApp akan memberi peringatan.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait