Fitur "Add Yours" Instagram, Kominfo Ingatkan Potensi Pencurian Data Pribadi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Fitur "Add Yours" Instagram, Kominfo Ingatkan Potensi Pencurian Data Pribadi
Tangkap layar fitur Add Yours Instagram (Foto: Naviska)
BERITA Kanal Highlight Kanal Viral

Fitur “Add Yours” Instagram, Kominfo Ingatkan Potensi Pencurian Data Pribadi

Satukanal.com, Nasional – Baru-baru ini fitur stiker Add Yours Instagram sedang disorot oleh warganet. Fitur tersebut membuat pengguna saling berbagi cerita dalam suatu tren.

Diketahui, fitur ini sebenarnya merupakan cara lain bagi para pengguna Instagram untuk terlibat dengan Instagram Story dan membuat pengguna lain mulai dan bergabung dalam serangkain respon.

Misal, stiker Add Yours yang menanyakan “Perlihatkan nama Anda dalam Urban Dictionary,” yang meminta pengguna untuk memperlihatkan nama dalam Urban Dictionary.

Tantangan yang ada disetiap sticker Add Yours pun berbeda-beda. Sayangnya, beberapa tantangan dinilai dapat membocorkan data pribadi tanpa sadar. Kondisi ini sangat berbahaya karena bisa dimanfaatkan untuk penipuan.

Kejadian itu diungkapkan oleh salah satu akun Twitter bernama Dita Moechtar. Dita menjelaskan pagi hari ini, temannya menelepon sambil menangis karena telah ditipu.

Baca Juga :  Vaksin Booster Berbayar Mulai 2022, Ini Harganya!

Beberapa tren Add Yours lain juga dinilai terlalu mengumbar data pribadi yang bisa digunakan untuk penipuan, seperti meminta kota tinggal, nama pasangan atau anak, atau tanggal ulang tahun. Bahkan ada juga yang meminta tanda tangan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) juga turut angkat bicara dan mengingatkan para pengguna tentang potensi pencurian data pribadi melalui fitur update story.

“Informasi yang diminta dan kita bagikan jika dikumpulkan bisa menjadi kumpulan data pribadi. Data pribadi yang kita sebarkan ke dunia maya berpeluang untuk disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab,” tulis Kominfo melalui Instagram @kemenkominfo.

Merespon hal tersebut, Instagram mengambil tindakan tegas dengan menghapus konten Add Yours yang mengumbar data pribadi. Data pribadi tersebut diantarannya:

  • Terkait dengan informasi keuangan,
  • Tempat tinggal dan medis,
  • Informasi pribadi yang diperoleh dari sumber ilegal.
Baca Juga :  Marak Pencurian Data, Ini Tips Amankan Password Akun Online dari Google!

Instagram juga akan menegaskan privasi dan keamanan informasi data pribadi pengguna merupakan hal fundamental yang sangat penting bagi mereka.

“Kami akan menghapus konten yang membagikan, menawarkan, serta mengumpulkan informasi identitas pribadi atau informasi pribadi lainnya yang dapat menyebabkan kerugian fisik atau keuangan,” jelas representatif Meta Indonesia selaku induk dari Instagram, melansir detikINET.

Sebagai informasi, Instagram meminta para pengguna untuk melaporkan konten yang pengguna yakini telah melanggar hak privasi mereka melalui Instagram Help Centre. Instagram juga meminta pengguna membaca lagi aturan pelanggaran privasi yang telah tertuang dalam “Privacy violations and image privacy rights“.

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait