Fenomena Long Covid Ditengah Pandemi Yang Belum Usai | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Fenomena Long Covid Ditengah Pandemi Yang Belum Usai
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Fenomena Long Covid Ditengah Pandemi Yang Belum Usai

SATUKANAL.com, NASIONAL – Istilah baru banyak bermunculnya pada saat pandemi Covid-19 yang tengah melanda hingga saat ini, salah satu fenomena yang tengah menjadi perbincangan masyarakat adalah Long Covid. Long Covid merupakan salah satu fenomena yang muncul karena adanya pandemi saat ini dan fenomena ini pun sudah terjadi selama kurun waktu hampir setaun.

Long Covid merupakan fenomena yang dirasakan oleh pasien pasca terinveksi Covid-19, yang mana setelah pasien Covid-19 dinyatakan sembuh namun ada gejala-gejala yang masih timbul.

Dokter Spesialis Paru Primaya Hospital Karawang dr. Nurhayati Sp.P,  ia menyatakan bahwa seseorang yang terkena Long Covid diakibatkan oleh lamanya masa perawatan yang dilakukan, gejala-gejala yang timbul pun sangat beragam, mulai dari gejala-gejala ringan sampai dengan gejala yang berat.

Baca Juga :  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi Rutin Gelar Festival Tari Virtual

dr. Nurhayati Sp.P menuturkan, long covid berkaitan dengan pengalaman pskis yang dialami selama sakit, pengalaman tersebut terkadang masih dirasakan setelah pasien dinyatakan sembuh.

Dari hasil riset pasien-pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19, dikatakan bahwa semakin berat gejala Covid-19 yang diderita, maka akan semakin lama efek yang dirasakan oleh pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari pandemi ini.

Gejala-gejala yang muncul pada Long Covid merupakan gejala yang sama seperti pasien ketika masih dinyatakan positif Covid-19, seperti merasakan rasa lelah yang berlebihan, gangguan pernafasan, nyeri pada sendi, dan nyeri pada dada.

Bebrapa pasien yang dinyatakan sembuh Covid-19 masih mengeluhkan sakit kepala, Myalgia atau nyeri otot, pegal-pegal dan lain sebagainya. Adapun gejala psikis dari long Covid yakni, adanya ganguan psikis dari para pasien setelah terinveksi Covid-19.

Baca Juga :  Vaksin Moderna Diklaim 94,5 Persen Efektif Cegah Covid-19

Dr. Muhammad Irhamsyah, SpPK, MKes, menyatakan bahwa fenomena Long Covid yang terjadi pada pasien yang sembuh dari Covid -19 buka merupakan hal baru. ia menyatakan, femnomena ini telah berlangsung sejak pandemi ini menyerang.

Irhamsyah menjelaskan, dalam mendeteksi pasien yang tengah mengalami long covid dapat dilakukan dengan empat tahapan, pertama dengan melakukan wawancara, kedua dengan melakukan pemeriksaan secara fisik, memeriksa dan mengetahui riwayat penyakit yang sebelumnya telah diderita, hingga melakukan pemeriksaan penunjang yang dilakukan oleh dokter-doket ahli, hal tersebut guna memastikan bahwa pasien tersebut tengah mengidap gejala long covid atau bukan.

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait