Fenomena Bongkahan Es Mencair Lebih Cepat di Kutub Bumi | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
IMG-20200104-WA0015
Ilustrasi bongkahan batu es atau glester yang ada di kutub bumi (foto: kaskus.co.id)
BERITA RISET

Fenomena Bongkahan Es Mencair Lebih Cepat di Kutub Bumi

SATUKANAL, MALANG- Setidaknya dalam kurun waktu lima dekade pengamatan yang dilakukan lewat satelit terkait perubahan besar yang terjadi pada bongkahan es atau glister yang mengalami pencairan lebih cepat yang secara masif di bagian kutub utara dan selatan bumi.

Peristiwa akibat pemanasan global ini berhasil diamati dari misi Landsat yang sudah lama dengan bekerja sama dengan pengamatan Bumi yang dikelola oleh NASA dengan Geological Survey Amerika Serikat.

Pengamatan yang dilakukan sejak tahun 1972 hingga 2019 ini yang dikumpulkan oleh Landsat dalam bentuk gambar melalui ahli glasiologi Mark Fahnestock dari University of Alaska, dengan merangkainya menjadi dalam video yang menunjukkan perubahan kondisi lapisan es yang begitu signifikan.

Baca Juga :  Rangkum Segala Trending di 2020, YouTube Rewind Indonesia Tuai Pujian Warganet

Merujuk pada Detik.com melalui Space.com, Bongkahan es di kutub ini merespons pemanasan global yang terjadi dengan berbagai cara, seperti glister di Alaska cukup stabil ketika satelit Landsat pertama melihatnya pada tahun 1972.

Fahnestock mengatakan catatan panjang yang terperinci memungkinkan bias melihat apa yang terjadi di bagian Alaska.

Dengan melihat video ini bisa melihat bahwa ada perubahan secara dinamis dan seberapa tidak stabilnya aliran es yang ada di bumi.

Salah satu mahasiswa doktor ilmu bumi dari Ohio State University, Michalea King juga memeriksa gambar dari Landsat yang sama dari Greenland di tahun 1985 untuk melihat bagaimana pemanasan global yang mempengaruhi 200 glester disana.

Baca Juga :  Rangkum Segala Trending di 2020, YouTube Rewind Indonesia Tuai Pujian Warganet

Sementara pada glister Hubbard yang dekat dari Alaska bergerak 5 kilometer dalam kurun waktu yang sama. Pada gambar yang diambil pada tahun 2019 tampak area besar pada glester bagian es pecah menunjukkan perubahan cepat di cakrawala,

Fenomena yang terjadi memperlihatkan adanya kejadian calving embayment pecahnya bagian es pada glester yang ada di kutub. Hasil studi ini disampaikan para ilmuwan di pertemuan American Geopysical Union di San Francisco, 9 Desember 2019 yang lalu.

    Kanal Terkait