Fakta-Fakta Jaringan 5G Yang Diluncurkan Hari Ini - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Fakta-Fakta Jaringan 5G Yang Diluncurkan Hari Ini
Direktur Telkomsel bersama Menteri Kominfo dan lainnya/Foto: telkomsel.co.id
BERITA Kanal Artikel

Fakta-Fakta Jaringan 5G Yang Diluncurkan Hari Ini

Satukanal.com, Nasional – Layanan jaringan 5G bakal diluncurkan di Indonesia, hari ini, Kamis (27/05/2021). Setelah mengantongi Surat Keterangan laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Telkomsel menjadi operator pertama yang menyediakan layanan jaringan 5G tersebut.

Dilansir dari laman resmi Telkomsel, SKL 5G menjadi modal penting dalam penyelenggaraan layanan 5G di Indonesia sesuai dengan regulasi yang berlaku. Hal ini juga skaligus memastikan kelayakan jaringan dan pelayanan dalam rangka menjamin kenyamanan para pelanggan dalam memanfaatkan layanan teknologi 5G dari Telkomsel.

Lantas, bagaimana penggunaan jaringan 5G tersebut? Adakah hal-hal yang perlu diketahui dan diperhatikan? Adapun fakta-fakta terkait layanan jaringan 5G. Berikut ulasannya:

1. Kartu SIM

Bagi sebagian masyarakat yang hendak menikmati layanan ini, tentu menimbulkan pertanyaan mengenai apakah penggantian SIM Card harus dilakukan terlebih dahulu layaknya 4G yang hadir menggantikan 3G. Saat itu, pelanggan harus mengganti terlebih dahulu kartu SIM menjadi uSIM alias kartu SIM 4G.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama Tekomsel Setyanto Hantoro menyampaikan jawabannya. Ia mengatakan bahwa asalkan kartu pengguna sudah masuk 4G, maka tidak perlu dilakukan penggantian.

“Untuk saat ini, 5G tidak perlu mengganti kartu SIM asalkan sudah 4G ya. Kalau suda 4G itu tidak perlu mengganti,” ujarnya dikutip dari dari kanal Youtube Kementerian Kominfo.

Baca Juga :  Video Viral! Penutupan Gerai Giant, Tuai Tangis Para Karyawan

2. Wilayah Terbatas

Layanan jaringan 5G baru tersedia secara terbatas dan bertahap di enam area perumahan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Area  yang mendapatkan 5G yakni Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk, Pondok Indah, Widya Chandra di Jakarta dan kawasan Alam Sutera dan BSD di Tangerang.

Telkomsel yang akan berencana menggelar 5G di luar Jabodetabek antara lain di Solo, Medan, Balikpapan, Bandung, Makassar, Surabaya, Denpasar dan Batam.

3. Pemerataan Secara Bertahap

Disebutkan bahwa, pemerataan 5G harus disesuaikan dengan skenario penggunaan (use case). “Use case ini merupakan apa yang bisa kami berikan ke masyarakat, tujuannya jelas biar hidupnya lebih produktif dan lebih mudah,” uangkap Styant.

Pemerataan jaringan ini nantinya juga akan dilakukan secara bertahap. Alasannya yakni modal penyelenggaran 5G yang tidak sedikit menjadi sebab mengapa 5G dihadirkan secara bertahap. Lebih lanjut, Setyanto mengatakan belum bisa memastikan kapan jaringan 5G bisa diimplementasikan ke lebih banyak wilayah di Indonesia.

“Kalau kita belajar dari 4G butuh sekitar enam tahun, bayangan saya 5G bisa lebih pendek karena teknologi (jika) semakin canggih, (maka) semakin cepat implementasinya,” ujarnya.

Baca Juga :  Bisa Disimpan di Ponsel, e-KTP Digital Tengah Dipersiapkan

4. Frekuensi 2,3 Ghz

Sinyal 5G dari Telkomsel menggunakan spektrum frekuensi radio 2,3 Ghz yang didapatkan operator seluler tersebut melalui lelang awal tahun ini. Sebagai informasi, Pemerintah telah menggelar spektrum frekuensi sebelum penyelenggara telekomunikasi bisa menggunakan sumber daya alam terbatas tersebut.

Setelah mendapatkan izin penggunaan spektrum frekuensi radio, penyelenggara telekomunikasi wajib membayar Biaya Hak Penggunaan (BHP) Spektrum Frekuensi Radio. Disebutkan pula bahwa, spektrum frekuensi 2,3 Ghz tergolong spektrum middle band yakni pada rentang 1Ghz sampai 6Ghz yang cocok digunakan untuk jaringan mobile broadband.

5. Sudah Dilakukan Uji Cepat dan Disebut Lebih Cepat Dari 4G

Sebelum akhirnya diluncurkan tahun ini, operator seluler sudah menggelar uji coba jaringan 5G selama beberapa tahun belakangan ini. Telkomsel pada 2018 lalu menggelar uji coba saat perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta yaitu untuk mobil otonom.

Saat uji coba 2018 lalu, meski bukan untuk jaringan seluler, kecepatan jaringan 5G telah mencapai 16,6 GBps. Sementara 4G 0,030 GBps, Jaringan 5G pada saat itu menawarkan kecepatan sekitar 16 kali lipat dibandingkan 4G.

 

 

 

Penulis : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait