SATUKANAL.COM
Pemkab Pasuruan
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Event Pemkab Pasuruan Dialihkan di Wisata Milik Kakak Bupati, Termasuk Event TNR

Satukanal.com – Meski belum 100 persen selesai pembangunannya, kawasan wisata Pintu Langit di Ledug Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan, semakin moncer. Ibarat ketiban rejeki nomplok, berbagai kegiatan Pemkab Pasuruan telah dialihkan di kawasan wisata milik Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) yang tak lain adalah kakak Bupati Pasuruan.

Sejak dibuka beberapa bulan lalu, kawasan wisata ini telah menjadi lokasi berbagai kegiatan kepemudaaan, pramuka, olahraga bahkan kegiatan keagamaan. Pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan 2019 ini, lokasi ini juga menjadi venue olahraga dan hiburan yang mendatangkan artis ibukota, Ari Lasso dan Raisa.

Tak terkecuali adalah pemindahan venue lomba lari malam Tretes Night Run (TNR) 10K, dari kawasan wisata Tretes ke Pintu Langit. Jika merunut misi TNR 10K yang ingin merebranding kawasan wisata Tretes sebagai kawasan wisata keluarga, pemindahan venue ini sudah melenceng jauh. Multiplier efek yang diharapkan dapat memberikan tambahan hasil bagi pelaku wisata kuliner dan perhotelan menjadi sirna.

Baca Juga :  Satukanal.com Buka Lowongan Journalist di Seluruh Daerah di Jawa Timur

“Event TNR yang dipindahkan ke Pintu Langit, sudah meleset dan tidak mengena dari tujuan awal untuk mempromosikan dan merubah image kawasan wisata malam Tretes. Pedagang kaki lima di Tretes, perhotelan tidak lagi kecipratan (terdampak) keramaian masyarakat. Pusat keramaian hanya tersentral di Pintu Langit,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Kabupaten Pasuruan, Joko Widodo.

Menurut Joko, pada lima kali penyelenggaraan TNR di kawasan Tretes, sejumlah hotel juga turut merasakan penambahan hunian. Ini karena rute lari malam tersebut juga melintasi hotel-hotel yang dijadikan tempat bermalam para peserta. Selain itu, para pelari juga melintasi kawasan wisata air terjun Kakek Bodo dan Puthuk Truno.

Baca Juga :  Aliansi Penegak Demokrasi Geruduk KPU Kabupaten Kediri Minta Legalkan Kampanye Kotak Kosong

“Meski berpindah lokasi, kalangan perhotelan tetap mendukung TNR dengan memberikan potongan harga 25-50 persen bagi para peserta yang bermalam,” kata Joko.

Ketua Panitia TNR 10K, Lukas Cahyabuana, menyatakan, pemindahan venue ini dilakukan setelah mempertimbangkan keputusan panitia perayaan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan. Rapat panitia yang kala itu juga dihadiri Gus Ipul, memutuskan agar beberapa kegiatan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Pasuruan dipusatkan di kawasan wisata Pintu Langit.

“Dari segi lintasan, rute lama dan rute baru tidak jauh berbeda, sama-sama menantang di lereng pegunungan. Masalah transportasi yang cukup jauh, kami telah bekerja sama dengan ojek online yang siap mengantarkan para peserta ke lokasi baru,” kata Lukas.

Kanal Terkait