Erick Thohir Minta Fasilitas Toilet Umum di SPBU Digratiskan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Erick Thohir Minta Fasilitas Toilet Umum di SPBU Digratiskan
Erick Thohir di SPBU Pertamina, Kecamatan Malasan, Probolinggo (Foto: Instagram @erickthohir)
BERITA Kanal Straight Kanal Viral

Erick Thohir Minta Fasilitas Toilet Umum di SPBU Digratiskan

Satukanal.com, Nasional – Terbaru, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegur pihak PT Pertamina (Persero) yang memungut biaya dari fasilitas toilet umum yang ada di seluruh SPBU.

Dalam unggahan video Erick melalui laman Instagramnya @erickthohir, dirinya sempat berbincang dengan seorang penjaga toilet di SPBU Pertamina, Kecamatan Malasan, Probolinggo, Jawa Timur.

Erick mempertanyakan adanya pungutan biaya bagi pengunjung yang ingin menggunakan toilet dengan tarif sebesar Rp 2 ribu hingga Rp 4 ribu.

“Ini kan fasilitas umum?” tanya Erick dalam video yang ia unggah di akun Instagram, Senin (22/11/2021).

Baca Juga :  Ingin Desain PPT Lebih Menarik, Download Template Gratis Di Website Ini

Sementara itu, penjaga toilet ini bekerja di SPBU tersebut menerangkan bahwa biaya Rp2 ribu untuk buang air kecil dan Rp4 ribu untuk buang air besar atau mandi itu digunakan untuk biaya perawatan.

Erick meminta direksi Pertamina untuk memperbaiki hal ini. Erick menilai Pertamina tak perlu menarik biaya dari fasilitas toilet lantaran sudah mendapat keuntungan dari penjualan bensin hingga toko di dalam SPBU.

“Saya minta direksi Pertamina harus perbaiki. Dan saya minta nanti seluruh kerja sama dengan pom bensin swasta yang di bawah Pertamina toiletnya enggak boleh bayar harus gratis,” tegasnya.

Baca Juga :  Fitur Tersembunyi dan Fitur Baru Aplikasi WhatsApp, Mau Coba?

Dilansir dari laman kompas, pihak Pertamina akhirnya buka suara. Melalui Unit Manager Communciation Relations dan CSR MOR III PT Pertamina Eko Kristiawan menegaskan membayar usai menggunakan toilet di SPBU sifatnya sukarela.

Masyarakat diperbolehkan untuk membayar atau tidak setelah menggunakan toilet. “Di SPBU default-nya, toilet tidak bayar dan sifatnya sukarela,” jelas Eko.

Terkait toilet yang membayar, itu merupakan toilet eksklusif di SPBU yang kini mulai tersedia di beberapa pom pengisian BBM. Namun, untuk toilet yang gratis masih ada dan disediakan.

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait