Enam Kecamatan di Jombang Zona Hijau, Persebaran Aktif Covid-19 Nol Kasus - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Enam Kecamatan di Jombang Zona Hijau, Persebaran Aktif Covid-19 Nol Kasus
Budi Winarno, Jubir Satgas Covid-19 Jombang (Foto: Anggit Puji/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Enam Kecamatan di Jombang Zona Hijau, Persebaran Aktif Covid-19 Nol Kasus

Satukanal.com, Jombang– Data persebaran Covid-19 di Kabupaten Jombang terus mengalami penurunan. Hal itu dibuktikan dengan status enam kecamatan yang sudah menjadi kawasan zona hijau.

Daerah dengan status zona hijau sendiri berarti persebaran kasus Covid-19 di wilayah tersebut nol atau tidak ada. Dilansir dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang, enam kecamatan berstatus zona hijau tersebut yakni Kecamatan Kabuh, Ploso, Kudu, Tembelang, Kesamben dan Bareng.

Sementara itu, beberapa kecamatan lainnya juga menunjukkan perkembangan, dimana ada 12 kecamatan masuk kawasan zona kuning. Diantaranya, Kecamatan Plandaan, Ngusikan, Megaluh, Peterongan, Bandarkedungmulyo, Perak, Jogoroto, Diwek, Mojoagung, Mojowarno, Ngoro dan Wonosalam. Apabila masuk zona kuning, menandakan persebaran kasus aktif Covid-19 di daerah tersebut mencapai 1-5 kasus.

Meski begitu, tidak semua wilayah di Kabupaten Jombang masuk zona hijau dan kuning. Masih ada beberapa kecamatan yang bertahan di zona oranye yakni Kecamatan Jombang, Gudo dan Sumobito. Berbeda dengan zona kuning, daerah yang berada di zona orange menandakan kasus aktif Covid-19 mencapai 6-10 kasus.

Baca Juga :  Peringati Gestok dengan Kirim Doa Pahlawan Revolusi untuk Hapus Sial Bangsa

Juru Bicara Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19, Budi Winarno mengatakan, menurunnya persebaran Covid-19 di Kota Beriman itu salah satu faktornya ialah vaksinasi. “Karena masifnya vaksinasi juga, semakin banyak warga yang sudah divaksin. Maka akan semakin menambah imunitasnya, jadi tidak mudah terpapar Covid karena kekebalan tubuhnya,” ucapnya, Selasa (5/10/2021).

Meskipun ia menyebut tren persebaran Covid-19 menurun, pihaknya tetap menghimbau masyarakat Jombang untuk tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan.

Ia juga mendorong, jika masih ada masyarakat yang belum vaksin untuk proaktif mencari informasi terkait lokasi pelaksanaan vaksinasi. “Vaksinasi door to door juga masih berjalan,” tukasnya.

Baca Juga :  Umrah Dibuka Lagi, Jemaah Asal Jombang Wajib Tes PCR

Berubahnya status beberapa kecamatan di Jombang ini juga menandakan bahwa masyarakat mulai aktif untuk meningkatkan kesadaran. Alhasil, tidak ada kecamatan yang berada di zona merah Covid-19.

Untuk diketahui, tren persebaran Covid-19 di Jombang secara kumulatif hingga Senin (4/10/2021) kemarin mencapai 12.301 kasus. Tingkat kesembuhan, juga bisa dikatakan tinggi yakni mencapai 87,0 persen dengan jumlah kasus sembuh mencapai 10.697 kasus.

Sementara, kasus kematian akibat Covid-19 di Jombang sendiri, persentasenya mencapai 12,6 persen, artinya jika dihitung jumlahnyakni ada sekitar 1.556 masyarakat yang meninggal akibat Covid-19.

Pewarta : Anggit Puji
Editor : Adinda

    Kanal Terkait