UM Gelar Semnas, Bahas Peran Professional Guru Pendidikan Khusus dalam Pendidikan Inklusif - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
UM Gelar Semnas, Bahas Peran Professional Guru Pendidikan Khusus dalam Pendidikan Inklusif
Poster acara Seminar nasional UM (Foto: Dokumentasi UM)
BERITA Kanal Straight

UM Gelar Semnas, Bahas Peran Professional Guru Pendidikan Khusus dalam Pendidikan Inklusif

Satukanal.com, Malang – Keberadaan guru pendidikan khusus menjadi bagian penting dalam keberhasilan pendidikan inklusif.

Diketahui, kondisi pendidikan inklusif di Indonesia berdasarkan data tahun 2020, terdapat 35.818 sekolah yang menerima siswa berkebutuhan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Sementara, jumlah terbesar penerimaan siswa berkebutuhan khusus ada pada jenjang SD yaitu 47,5%. Siswa berkebutuhan khusus yang dilayani di sekolah reguler sejumlah 124.496 siswa, dengan berbagai jenis disabilitas.

Dengan demikian, permasalahan ketersediaan guru pendidikan khusus sebagaimana yang diamanahkan dalam Peraturan Pemerintah (PP)  No. 17 tahun 2010 membutuhkan kebijakan yang lebih terarah.

Pada konteks inilah, Universitas Negeri Malang (UM) menggelar Seminar Nasional Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang dengan mengusung tema “Peran Profesional Guru Pendidikan Khusus di Sekolah/Madrasah Inklusif”.

Baca Juga :  Hari Koperasi Nasional ke-74, Pemkab Mojokerto Sebut Pentingnya Peran Generasi Muda

Acara seminar nasional ini, dilakukan untuk mendiskusikan lebih mendalam tentang peran profesional guru pendidikan khusus dalam pendidikan inklusif, baik dalam satuan pendidikan umum, kejuruan ataupun keagamaan.

Seminar ini akan dilaksanakan pada hari Kamis, 26 Agustus 2021 ini, turut mengadirkan tiga narasumber nasional yakni, Dr. H. Yaswardi, M.Si. Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Menengah dan Pendidikan Khusus Direktorat Jendral GTK Kemendikbudristek RI, Dr. Muhammad Zain, S.Ag., M.Pd. Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kementrian Agama serta Dr. Subagya, M.Si, Sekretaris Jenderal Asosiasi Profesi Pendidikan Khusus Indonesia (APPKhI).

Dikarenakan masih dalam suasana pandemi Covid-19, acara seminar ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dan selebihnya dapat berpartisipasi melalui Youtube streaming.

Dalam seminar ini juga dimeriahkan dengan penampilan seni dari mahasiswa dan HMJ Pendidikan luar biasa, yaitu Gerak Lagu Bahasa Isyarat, yang merupakan keterampilan tambahan bagi Mahasiswa PLB dalam menguasai bahasa isyarat.

Baca Juga :  Pandemi Tak Kunjung Usai, BTT Kota Malang Turun jadi 25 M

Sebagai informasi, Kegiatan akan dibagi menjadi dua sesi. Sesi utama adalah Plenary Session, dengan tiga pembicara. Sesi kedua adalah Paralel Session, paserta dibagi menjadi empat kelompok melalui break out room untuk mengikuti presentasi dari pemakalah.

Jumlah pemakalah seluruhnya 30 peserta dari unsur dosen dan praktisi penyelenggara pendidikan inklusif. Publikasi Seminar Nasional ini melalui Prosiding ber ISBN dan jurnal Ortopedagogia untuk artikel yang terseleksi. Pelaksanaan seminar ini Gratis, tidak dipungut biaya.

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait