Elon Musk, Didapuk Jadi Orang Terkaya di Dunia. Ini 7 Fakta Menarik Tentangnya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Elon Musk, Didapuk Jadi Orang Terkaya di Dunia. Ini 7 Fakta Menarik Tentangnya
BERITA Kanal Figur

Elon Musk, Didapuk Jadi Orang Terkaya di Dunia. Ini 7 Fakta Menarik Tentangnya

SATUKANAL.com, NASIONAL– Pencarian dengan kata kunci Elon Musk menjadi salah satu pencarian terbanyak di mesin pencarian google hari ini, Jumat (8/01/2020). Hal  ini lantaran Elon Musk didapuk sebagai salah satu orang terkaya di dunia, menggeser posisi Jeff Bezos.

Elon Musk merupakan CEO dari perusahaan besar SpaceX dan Tesla Motors. Musk berhasil mendapat keuntungan dari harga saham Tesla yang melonjak selama satu tahun terakhir.

Kenaikan harga saham Tesla tersebut membuat Musk menduduki jajran orang terkaya di dunia melewati Bos Amazon, Jeff Bezoz. Jeff Bezoz sendiri pernah menjadi orang terkaya dunia sejak 2017 dengan kekayaan sekitar 184 miliar dollar AS atau Rp. 2586 triiun.

Hingga kini, kekayaan Musk diperkirakan mencapai 185 miliar dollar AS atau sekitar Rp. 2600 triliun. Meski demikian, di tahun 2020 kekayaan musk hanya sekitar 27 miiar dollar AS atau sekitar Rp 28,1.

Jumlah kekayaannya di tahun 2020 tersebut bahkan tidak menjadikannya salah seorang yang masuk dalam daftar 50 orang terkaya dunia. Namun berkat pencapaiannya kini, Musk berhasil menduduki posisi tersebut.

Harga saham Tesla yang meroket, menambahkan lebih dari 150 miliar dollar AS ke dalam kekayaan bersihnya. Sedangkan harga saham Amazon tetap terkontrol karena adanya upaya regulasi dari Washington.

Musk bahkan telah mendapatkan kekayaan yang lebih banyak selama 12 bulan terakhir jika dibandingkan dengan kekayaan bersih Bill Gates sebesar 132 miliar dollar AS atau sekitar Rp.1855 triliun.

Eksistensi Musk sebagai salah satu orang terkaya di dunia mengalahkan sederet nama besar seperti Bezoz itu, dipandang berbeda oleh salah satu media ternama Amerika, Forbes. Pasalnya, dalam daftar miliader real times Forbes kekayaan bersih Bezoz sebesar 184,6 miliar dollar AS msih lebih tinggi dibandingkan Musk dengan 177,2 miliar dollar As nya.

Baca Juga :  Ngetwit Soal Covid-19 RI, Dokter Faheem Younus Beri Rekomendasi Obat saat Isoman

Musk sendiri banyak dikenal setelah pesawat buatan SpaceX sukses meluncur ke stasiun ruang angkasa internasional (ISS). Hal itu tergolong sejarah baru dalam perjalanan ke luar angkasa. Bagaimana tidak, peluncuran itu juga sekaligus membuktikan bahwa astronot NASA pertama kalinya dapat dilakukan oleh perusahaan swasta.

Musk mendirikan perusahaan transportasi luar angkasa AS yang bernama SpaceX atau Space Exploration Technologies Corporation pada tahun 2002 dengan mengembangkan roket Falcon 1,  Falcon 9 dan Falcon Heavy.

Untuk lebih mengenal sosok Musk beserta perjalanan karirnya, berikut tim satukanal.com merangkumnya dalam 6 fakta menarik bos besar Tesla tersebut:

  1. Orang Tua Elon Musk Pernah bercerai

Elon Musk atau Musk tinggal bersama ayahnya di Pretoria setealah kedua orang tuaya bercerai. Ayah Musk mempunyai darah Afrika Selatan sedangkan ibunya berdarah Kanada. Usai perceraian rang tuanya, Musk tinggal disana hingga lulus Pretoria High Scholl. Namun karena ia menghindari wajib militer yang berlaku di Afrika Selatan, kemudia ia pindah ke Kanada.

  1. Menyelesaikan dua gelar sekaligus

Musk berhasil menyelesaikan pendidikannya di Wharton School, University of Pennysilvania dan mendapat gelar sarjana yaitu di bidang ekonomi dan fisika.

  1. Penemuan komersil pertama di usia 12 tahun

Bakat Musk di bidang kewirausahaan terlihak sejak dini. Ia berhasil membuat penemuan bernilai komersil pada usia 12 tahun. Bahkan sejak usia 10 tahun. Ia sudah tertarik dengan teknik komputer dan emmpelajarinya secara otodidak. Ia emmpelajari bahsa pemrogaman dan pengkodean untuk game yang bernama Blastar. Musk kemudian mendapatkan $500 dari penjualan blastar ke majalah komputer.

  1. Mendirikan perusahaan pertama di bidang perangkat lunak web

Elonn Musk mendirikan Zip2 yang merupakan perusahaan yang begerak di bidang perangkat lunak web. Ia mendirikannya bersama adiknya, Kimbal. Perusahaan ini menyasar industri penerbitan surat kabar dengan mengusung panduan kota berbasis internet. Bahka Zip2 berhasil menggandeng New Yrk Times dan Chicago. Namun di tahun 1999, Zip2 diakuisisi oleh Compaq dengan penjualan senilai $22 juta. Dari penjualan itu, Musk menerima 7 persennya.

  1. Mendirikan perusahaan layanan keuangan berbasis jaringan internet

Dari hasil penjualan zip2, Musk mendirikan perusahaan X.com yang bergerak di bidang layana keuangan berbasis internet. Di tahun 1999 meluncurkan layanan rekening dan kartu tunai internet . Namun X.com kemudian diakuisisi oleh perusahaan Confinity yang berfokus pada layanan transfer uang dengan nama program PayPal.

Baca Juga :  Butuh Konsultasi Saat Isoman? 11 Link Telemedicine Ini Bisa jadi Solusinya

Kemudian Musk beralihkelayanan transfer uang pada tahun 2000 dan mengganti nama perusahaan menjadi PayPal. Tahun 2001, PayPal mengembangkan eBay sebagai sistem pembayaran dan berkembang pesat. Lalu perusahaan ini menjadi perusahaan terbuka yang diperdagangkan secara publik.

  1. Mendirikan SpaceX

Usai melepas PayPay kepada eBay, Musk mendirikan perusahaan yang berfokus di bidang pengembangan teknologi antariksa dan ruang angkasa bernama Space Exploration Technologies atau SpaceX. Ia mendirikannya pada Juni 2002.

Fokus perusahaan itu yaitu untuk mengurangi biaya perjalanan natarika dengan jumlah yang sifnificant sehinggap dapat melakukan penjelajahan ke tempat hidup baru untuk manusia.

  1. Mendirikan Tesla

Musk mendirikan Tesla motor dan menciptakan Tesla Roadster yaitu mobil listrikpertama di dunia. Tesla Roadster berhasil terjual 2500 unit di 31 negara. Ia juga memproduksi mobilsubkompak dengan rendah biaya. Selain itu ia juga menjual komponen powerstain kepada produsen mobil lainnya agar mereka dapat memproduksi mobil listrik dengan harga terjangkau.

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait