Eksvasi Situs Pandegong Jombang Dilanjutkan Tahun Depan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Dua arca yang ditemukan saat penggalian.
BERITA Kanal Straight

Eksvasi Situs Pandegong Jombang Dilanjutkan Tahun Depan

Satukanal.com, Jombang – Proses eksvakasi situs Pandegong secara resmi telah berakhir. Saat ini proses eskavasi oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur mencapai 70 persen.

Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Iswahyudi Hidayat mengatakan, selama 10 hari proses eksvakasi beberapa arca telah ditemukan.

Beberapa arca diantaranya Nandiswara dan arca Mahakala. Arca tersebut rencananya akan disiarkan oleh Pemerintah Desa Menganto. “Sudah selesai. Akan di lanjutkan pada tahun depan, tahun 2022,” ucapnya pada Rabu (24/11/2021).

Selain arca struktur bangunan kuno berbentuk persegi dengan panjang 7,7 meter, serta lebar 7,8 meter menghadap ke arah timur yang diinterpretasikan menghadap ke arah Gunung Penanggungan di Kabupaten Mojokerto.

Baca Juga :  Terima Bantuan CSR, Polres Jombang Bangun Masjid

Bata penyusunnya memiliki panjang 30 sentimeter, tebal 8 sentimeter dan lebar 15 sentimeter.

Situs Pandegong yang sebelumnya ditemukan oleh warga ini, saat ini sturktur bangunan sudah mulai terbuka. Bagian situs yang terpendam didalam tanah kini sudah nampak terlihat.

“Struktur bangunan sudah terbuka, dari sudut barat laut, lalu barat daya sampai ke timur laut dimensinya masing-masing itu 7,8 meter,” ujar Albertus Agung Vidi Susanto, selaku Pamong Budaya Ahli.

Lebih lanjut, situs ini bentuknya segi empat. Dimana setiap sisinya terdapat arca yang sebelumnya telah ditemukan, yakni arca Mahakala dan Nandiswara.

Bangunan situs ini sendiri sudah tidak utuh. Bagian atas rusak dan hanya menyisakan bagian kaki candi. “Kerusakannya lebih 50 persen,” pungkasnya.

Baca Juga :  Tahan Imbang Persedikab, Nafas PSID Ditentukan di Laga Terakhir

Seperti diketahui, belasan benda kuno ditemukan seorang warga yang merupakan juru pelihara situs Pandegong, Jayadi. Benda kuno berupa bebatuan reruntuhan candi ini diduga merupakan situs peninggalan zaman Kerajaan Majapahit.

Benda kuno pra sejarah ini ditemukan di situs Pandegong Dusun Kwasen, Desa Menganto, Kecamatan Mojowarno, Selasa (11/8/2020) lalu. Kini Belasan benda kuno diduga reruntuhan candi ini diamankan dirumah Jayadi.

Selain itu disekitar situs Pandegong juga terdapat sebuah bangunan mirip tempat pemandian. Ukurannya sekitar 2 x 2 meter dengan konstruksi batu-bata lama yang berukuran besar.

 

 

Pewarta: Anggit Puji 

Editor: Ubaidhillah


  • Bagian keseluruhan candi usai di Eksvakasi.
    Foto by Anggit

Kanal Terkait