Ekspor Capai 52.500 kg, Produk Pakan Ternak Milik Koperasi asal Jatim Go Internasional - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ekspor Capai 52.500 kg, Produk Pakan Ternak Milik Koperasi asal Jatim Go Internasional
BERITA HIGHLIGHT

Ekspor Capai 52.500 kg, Produk Pakan Ternak Milik Koperasi asal Jatim Go Internasional

Satukanal.com, Malang – Produk pakan ternak milik Koperasi asal Jawa Timur (Jatim) yakni Koperasi Produsen Agro Niaga (KAN) Jabung Syariah telah berhasil melakukan ekspor sebesar 52.500 kilogram (kg).

Ekspor pakan ternak perdana ke pasar internasional KAN Jabung Syariah, di kirim ke Brunei Darussalam. Jumlah ekspor sebesar 52.500 kilogram tersebut, rencanannya akan dilakukan secara berkelanjutan sesuai dengan permintaan customer yang akan dibagi dalam beberapa tahap pengiriman.

Ekspor tersebut merupakan langkah awal dalam pengembangan produk pakan yang mempunyai brand “JABFeed” ini. Selain itu, KAN Jabung Syariah telah mempunyai usaha inti sapi perah dan unit usaha Pusat Produksi Pakan Ternak.

Awalnya, produksi pakan ternak di Koperasi KAN Jabung Syariah hanya untuk mencukupi kebutuhan anggota. Namun, seiring perkembangannya Pusat Produksi Pakan Ternak (Sapronak) juga melayani penjualan pihak eksternal.

Baca Juga :  Tragedi Tabrak Lari, Warnai Kunjungan Presiden Jokowi

Unit ini juga menyediakan kebutuhan sarana peternakan lainnya seperti susu pedet, ember perah, milk can (kaleng susu), karpet sapi, dan sebagainya.

Merespon kegiatan tersebut, Ahmad Zabadi selaku Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) turut menyampaikan apresiasinya kepada KAN Jabung Syariah Jatim.

Ahmad juga turut memberikan dukungannya terkait ekspor yang dilakukan oleh KAN Jabung Syariah Jatim yang merupakan bukti komitmen kuat serta kerja keras dari seluruh anggota koperasi.

Dalam hal ini, pemerintah juga telah berupaya untuk melakukan kemudahan, pelindungan, dan pemberdayaan bagi Koperasi dan UKM dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah nomor 7 tahun 2021.

Baca Juga :  Pembangunan Ekonomi Kabupaten Malang Disampaikan Hingga Menteri

“Kegiatan tersebut juga sejalan dengan amanat RPJMN Tahun 2020-2024 untuk meningkatkan kapasitas, jangkauan dan inovasi koperasi melalui strategi transformasi berupa modernisasi koperasi,” jelasnya.

Untuk kedepannya Ahmad berharap agar, semakin banyak kemitraan yang saling menguntungkan antara Koperasi dengan perusahaan besar.

“Keberhasilan KAN Jabung Syariah Jawa Timur juga dapat menjadi benchmarking bagi koperasi sektor riil lainnya dalam mengembangkan usaha koperasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Malang berencana akan memberikan kemudahan bagi KAN Jabung Syariah Jatim, agar dapat lebih berkembang, dengan mendorong KAN memperluas jaringan komunikasinya. Mengingat, Jabung akan dapat dijadikan kawasan industri.

 

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait