Eco Green Park Batu, Sulap Sampah Jadi Karya Yang Menawan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Eco Green Park Batu, Sulap Sampah Jadi Karya Yang Menawan
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Eco Green Park Batu, Sulap Sampah Jadi Karya Yang Menawan

Satukanal.com, Batu – Apabila kalian berwisata ke Kota Batu cobalah kunjungi salah satu wisata Eco Green Park yang berlokasi di Jalan Oro-oro Ombo. Selain berwisata, Wisata ini juga dapat dipergunakan sebagai sarana edukasi bagi anak-anak dan keluarga.

Tak hanya sekedar mencuci mata dengan melihat aneka satwa cantik maupun menjajal wahana bermain dan berfoto, Eco Green Park memberi inspirasi bagi pengunjung untuk mengubah barang yang mulanya tak berharga atau sampah menjadi salah satu karya yang bernilai tinggi.

Di Eco Green Park menyulap limbah air rumah tangga dan digunakan untuk hal-hal yang lebih berguna. Salah satunya anda akan melihat instalasi air yang berfungsi untuk mengalirkan limbah air rumah tangga ke tanaman-tanaman hias. Selain itu, air yang dibuat mengalir juga dimanfaatkan untuk membangkitkan tenaga listrik.

Barang-barang bekas otomotif disini juga diolah menjadi benda-benda yang bernilai seni. Dengan merubahnya menjadi beraneka macam bentuk hewan yang menakjubkan. Anda juga dapat melihat patung binatang yang terbuat dari limbah kayu.

Lalu apasaja karya-karya dari Eco Green Park yang terbuat dari barang tak berharga atau sampak, simak penjelasan dari Satukanal.com berikut ini.

1. Patung gajah terbuat dari televisi bekas


Beragam Inovasi elektronik kian melejit dari waktu ke waktu. Akibatnya sampah elektronik pun semakin menumpuk dan sulit dimanfaatkan. Hanya dibiarkan menumpuk atau dibuang kepada pada pengepul barang bekas.

Beda dari patung umumnya yang terbuat dari semen atau tanah liat, karya di sini terbuat dari beberapa  televisi, telepon, printer, scanner, komputer, keyboard, kipas angin, dan dan remote bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Karya patung gajah ini pun menjadi salah satu lokasi foto favorit karena menarik dan memiliki keunikan tersendiri.

Baca Juga :  100 Titik E-Parking di Kota Batu Akan Diterapkan Maret Ini

2. Kalajengking terbuat dari rantai besi


Jika biasanya kalajengking dijauhi, Namun di Eco Green Park hewan dengan sengatan menyakitkan ini justru diminati pengunjung. Dikarenakan kalajengking di sini merupakan sebuah patung yang terbuat dari onderdil kendaraan motor bekas yakni rantai besi.

Replika kalajengking tersebut tampak begitu mengesankan, dengan memanfaatkan rantai dan skok sepeda motor. Tampak menyatu dengan bongkahan kayu di sekitarnya. Kreasi ini bisa jadi referensi untuk memanfaatkan limbah kendaraan menjadi salah satu karya yang menarik.

3. Capung terbuat dari limbah otomotif


Selain terdapat kalajengkin yang terbuat dari limbah otomotif yakni rantai kendaraan. Di sisi lain pengunjung juga akan menemui replika capung yang juga terbuat dari limbah otomotif kendaraan bermotor. Salah satunya yakni sayap capung yang dibentuk dari besi kendaraan.

Replika ini juga lebih menarik dan mirip dengan capung dikarenakan ada kedua mata capung yang berasal dari limbah lampu kendaraan bermotor bekas. Replika ini juga tampak menyatu seperti capung asli, karena diletakkan diatas bebatuan dan dedaunan.

4. Burung Unta terbuat dari onderdil sepeda motor bekas


Ketika para pengunjung mulai memasuki wisata Eco Green Park, di lokasi tersebut para pengunjung juga akan melihat replika Burung Unta yang terbuat dari onderdil sepeda motor bekas. Replika Burung Unta ini pun menambah kesan menarik dengan adanya perwarnaan pada replika tersebut. Kreasi ini pun juga bisa menjadi salah satu referensi untuk memanfaatkan limbah kendaraan menjadi salah satu karya yang menarik.

Baca Juga :  Belajar Berkebun Sembari Berwisata di D'Embung Park Kabupaten Malang

5. Robot terbuat dari handphone bekas


Selain pemanfaatan beberapa limbah otomotif dan limbah elektronik seperti televisi. Di lokasi wisata ini juga turut menampilkan replika robot yang dibuat dari beberapa handphone bekas yang ditata rapi sehingga membuat tampilan robot menjadi lebih menarik.

Pada replika robot tersebut juga turut menampilkan beberapa koleksi handpohone dari masa kemasa. Yang mana, seiring dengan perkembangan zaman, kecanggihan teknologi termasuk handphone akan cepat mengalami perubahan.

6. Karakter Shaun The Sheep yang terbuat dari sisa potongan kayu


Selain membuat kreasi dengan memanfaatkan limbah dari barang-barang otomotif menjadi replika hewan-hewan. Di Eco Green Park juga memiliki beberapa karakter lucu kegemaran anak-anak seperti Shaun The Sheep yang tentunya dibuat dari beberapa limbah atau barang tidak terpakai.

Karakter Shaun The Sheep ini pun dibuat dengan memanfaatkan potongan kayu sisa hasil pengolahan limbah yang disusun menyerupai bentuk karakter tokoh kartun Shaun The Sheep, dan ada 5 karakter Shaun The Sheep yang terpajang di lokasi tersebut.

7. King Kasuari yang terbuat dari kawat bekas


Berbentuk menyerupai King Kasuari, replika salah satu burung ini pun ternyata juga terbuat dengan memanfaatkan barang yang tidak terpakai. Pada replika tersebut burung King Kasuari terbuat dari kawat bekas dan dilengkapi dengan warna cat yang menyerupai bentuk aslinya.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait